Selasa, 01 Februari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (15)

 📒 KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (15)



✍️ KEBIASAAN SANTRI


Ada sebuah kebiasaan santri yang bisa ditiru jika kita ingin bisa bahasa Arab. Sebenarnya bukan cuma satu. Tapi, saya ingin fokus di satu ini dulu. Apa itu?


Rajin mengumpulkan buku!


Ya, diantara ciri santri yang berhasil dalam belajar adalah senang atau hobi mengumpulkan buku. Dia tidak mencukupkan diri pada satu-dua buku panduan belajar saja. Selagi mampu, dia akan berusaha mengumpulkan banyak buku atau kitab.


Kebiasaan santri ini yang dulu saya tiru. Bahkan masih saya lakukan sampai sekarang. Saat muncul kecintaan pada bahasa Arab, saya sangat hobi mengupulkan hal2 yang bisa mendukung saya dalam proses belajar bahasa Arab.


Dulu, awal2 belajar, kamus bahasa Arab saya beli. Buku2 kaidah Nahwu Shorof saya berusaha untuk miliki. Kalau berkunjung ke toko  buku, saya biasanya akan menuju ke rak buku kumpulan pelajaran bahasa Arab.


Kalau ada teman punya buku pelajaran bahasa Arab yang saya nilai bagus, namun susah mendapatkannya, maka saya fotokopi. Kitab2 gundul pun sedikit demi sedikit saya koleksi.


Sampai saat ini, saya pun masih terus berusaha mengumpulkan kitab2 panduan belajar bahasa Arab. Kalau ada kitab baru yang menurut saya bagus, maka saya beli. Meskipun kitab itu levelnya untuk pemula.


Alhamdulillah, kitab2 yang saya miliki sangat bermanfaat dalam membantu proses belajar, mengajar, dan menulis buku. Setiap kitab kadang punya cara khusus untuk menjelaskan sesuatu. Maka, saya pun bisa memilih mana yang nanti akan saya gunakan dalam menjelaskan kepada orang lain.


Misalnya, di kitab A mendefinisikan isim begini, sedangkam di kitab B begitu. Maka kemudian saya kaji. Yang sekiranya mudah dipahami oleh pelajar pemula, maka itulah yang saya gunakan.


Naah...


Oleh karena itu, bagi kita yang saat ini sedang belajar bahasa Arab dan ingin berhasil dalam belajar, coba lakukanlah kebiasaan ini. Jangan takut untuk berkorban harta demi membeli buku2 sarana pendukung belajar. 


Tapi, bagi pemula, saat belajar, fokus dulu pada satu kitab.  Pelajari dulu satu kitab sampai selesai. Kitab yang lain, simpan dulu di lemari. Suatu saat, kalau waktunya sudah tepat, baru dibuka dan dikaji. 


Bersambung...


@MuhammadMujianto



👇KISAH LAINNYA BACA DI👇

https://kitabfahimna.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar