Sabtu, 05 Februari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (31)

 📒 KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (31)



✍️ FAHIMNA PUBLISHING


Sebelum mendirikan FAHIMNA PUBLISHING, saya pernah dua kali membuat penerbitan buku. Yang pertama bernama PUSTAKA LAKA, dan yang kedua bernama KAMPUS DALAM PRESS. 


PUSTAKALA LAKA berdiri sekitar tahun 2005. Fokusnya di penerbitan buku2 terjemahan (Arab-Indonesia). Sedangkan KAMPUS DALAM PRESS fokus menerbitkan buku2 motivasi umum. Namun, kedua penerbitan ini tidak bertahan lama.


Saat SERIAL KITAB FAHIMNA lahir, saya masih menggunakan nama penerbit PUSTAKA LAKA. Sebab, menurut saya, nama ini cukup bagus. "LAKA" artinya "UNTUKMU". Kalau bahasa Inggrisnya "FOR YOU".


KITAB FAHIMNA juga awalnya dijual di blog bernama PUSTAKA LAKA  ( https://pustakalaka.wordpress.com/ ). Tapi kemudian, saya buat beberapa blog lagi untuk tempat menjual KITAB FAHIMNA dan sharing hal2 yang berkaitan dengan bahasa  Arab. Diantaranya blog bernama KITAB FAHIMNA ( https://kitabfahimna.blogspot.com/  )


*****


Setelah KITAB FAHIMNA LAHIR, lahir pula kemudian buku2 pelajaran bahasa Arab lainnya. Diantaranya yang saya masih ingat:


💦 PANDUAN BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK ORANG AWAM


💦 SERIAL LATIHAN BACA ARAB GUNDUL


💦 MENYELAMI SAMUDERA HURUF


Semua kitab masih berupa fotokopian dan menggunakan nama penerbit PUSTAKA LAKA. Kemudian, nama penerbitnya saya ganti menjadi FAHIMNA PUBLISHING. 



*****


Saya agak lupa, kapan saya mulai menggunakan nama FAHIMNA PUBLISHING. Seingat saya, ketika saya menerbitkan buku yang berjudul BAHASA ARAB GUAAMPAANG.



Ceritanya waktu itu, pagi2 saya coba nyetak naskah buku BAHASA ARAN GUAAMPAANG di sebuah percetakan kecil yang lokasinya tidak jauh dari tempat saya biasa fotokopi. Nama percetakannya "INTI QOLAM".


Sebenarnya, saya sudah lama tahu tempat ini. Saya dulu mengira, tempat ini sama seperti tempat fotokopi pada umumnya.Ternyata, perkiraan saya salah. Ternyata percetakan ini bisa mencetak buku dengan kualitas tidak jauh berbeda dengan percetakan besar. Bahkan bisa satuan. Harganya pun murah. Covernya berwarna dan dijilid binding seperti buku pada umumnya.


Waktu itu, saya coba cetak satu dulu sebagai sampel. Ternyata hasilnya bagus. Maka, mulai saat itu, saya mulai langganan mencetak buku di situ.


Namun, untuk SERIAL KITAB FAHIMNA, saya masih cetak di tempat lama. Saya belum berniat untuk mengubah tampilan SERIAL KITAB FAHIMNA.


*****


Setelah buku BAHASA ARAB GUAAMPAANG, saya semakin bersemangat untuk menulis buku2 panduan belajar bahasa Arab. Satu demi satu buku pun lahir. Sebagian besarnya saya cetak di INTI QOLAM, dan sebagian kecilnya di tempat lain.


Sekarang, SERIAL KITAB FAHIMNA sudah tidak saya terbitkan lagi. Ebooknya saya share gratis. Bagi yang mau, silakan download di CHANEL TELEGRAM: https://t.me/Kitabfahimna



*****


Awalnya, untuk pengetikan naskah dan desain cover saya gunakan Libre Office. Sehingga, cover buku terlihat sangat sederhana. Semuanya saya buat sendiri. Hanya beberapa cover yang dibuatkan oleh orang lain.


Alhamdulillah, kemudian ada aplikasi PixelLab di HP android. Lewat pelatihan online, saya jadi bisa membuat desain cover buku menggunakan PixelLab. Alhamdulillah, sekarang tampilan buku jadi lebih bagus. 


*****


Ketika memulai usaha penerbitan, semua aktifitas penerbitan saya lakukan sendiri. Saya yang mengetik naskah, layout, nyetak, packing, dan mengirim barang. Sesekali packing dibantu istri dan mengirim barang bersama istri.


Alhamdulillah, kemudian ada karyawan yang membantu saya untuk mengetik, pergi ke percetakan, dan mengirim barang ke ekspedisi. Saya hanya fokus menyusun buku baru.


Sekarang, buku terbitan FAHIMNA PUBLISHING sudah 40-an judul lebih. Insya Allah, akan terus ditambah. Mohon doanya.





Mungkin segini dulu ceritanya.


Semoga bermanfaat.


Bersambung...


@MuhammadMujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar