Sabtu, 05 Februari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (30)

 📒 KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (30)



✍️ BISNIS ONLINE


Lewat cerita ini, saya sekaligus ingin memberi tips cara bisnis online. Semua berdasarkan pengalaman pribadi. Silakan disimak baik2. Semoga bermanfaat.


Begini...


Saya mulai serius menekuni bisnis online sekitar tahun 2013. Waktu itu, baru lahir SERIAL KITAB FAHIMNA. Produk yang saya jual, ya   SERIAL KITAB FAHIMNA ini.


Sebelumnya perlu saya sampaikan bahwa SERIAL KITAB FAHIMNA saya susun dengan penuh keseriusan. Tidak asal-asalan. Sebagaimana pernah saya sampaikan, saya ingin kitab ini bisa dengan mudah dipahami oleh orang yang belajar bahasa Arabnya mandiri, tanpa bimbingan guru secara langsung.


KITAB FAHIMNA saya tulis berdasarkan pengalaman saya belajar & mengajar bahasa Arab selama ini. Apa yang saya ketahui terkait kaidah Nahwu Shorof tingkat dasar, saya tuangkan di situ. Saya berusaha susun sesistematis mungkin.


Sebelum KITAB FAHIMNA dijual, saya uji cobakan dulu kepada para mahasiswa IPB. Kemudian, saya minta tanggapannya. Alhamdulillah, banyak yang memberi tanggapan positif. 


Setelah KITAB FAHIMNA dijual, saya minta tanggapan para pembeli. Alhamdulillah, tanggapan positif pun terus berdatangan. Kemudian, testimoni yang saya terima saya kumpulkan, dan  saya tampilkan di blog tempat menjual SERIAL KITAB FAHIMNA. 


Yang mau baca, silakan KLIK:


http://kitabfahimna.blogspot.com/p/testimoni.html?m=1


Naah...


Dari sini, ada tiga hal penting yang perlu kita perhatikan saat bisnis online:


Pertama, jualah produk yang menurut kita bagus. Minimal menurut kita dulu bagus. Jangan sampai, kita sendiri tidak yakin dengan produk yang kita jual.


Kedua, minta penilaian dari orang lain terkait produk yang hendak kita jual. Kalau ada yang kurang, nanti bisa kita perbaiki. Hal ini penting kita lakukan. Sebab, orang lainlah yang nanti akan menikmati produk kita.


Ketiga, cari testimoni sebanyak-banyaknya. Untuk apa? Agar orang lain percaya dengan produk yang kita jual.


*****


Alhamdulillah, SERIAL KITAB FAHIMNA mendapat sambutan yang bagus dari pembelinya. Tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri. Pernah saya mengirim paket SERIAL KITAB FAHIMNA ke Malaysia dan Jepang.


Ada yang membelinya lebih dari sekali. Ada juga yang sekali beli, langsung sekitar tujuh paket lengkap. Waktu itu, harga SERIAL PAKET FAHIMNA (10 JILID) Rp. 300.000, bebas ongkir ke seluruh Indonesia.





Nah...


Mungkin ini juga yang menyebabkan orang tertarik untuk membeli SERIAL KITAB FAHIMNA. Bebas ongkir. 


Kemudian, SERIAL KITAB FAHIMNA disertai juga dengan beberapa bonus buku kecil berupa sarana latihan baca kitab gundul, motifasi belajar, dll. Bisa jadi, ini juga yang menyebabkan orang tertarik untuk membeli SERIAL KITAB FAHIMNA. Bahasa kerennya NILAI TAMBAH.


*****


SERIAL KITAB FAHIMNA agak beda dengan buku2 pada umumnya. Kalau buku2 yang umum dijual adalah hasil cetakan menggunakan mesin cetak di percetakan besar. Adapun SERIAL KITAB FAHIMNA adalah hasil cetakan menggunakan mesin fotokopian. Hasilnya tentu tidak sebagus buku2 pada umumnya.


Kenapa SERIAL KITAB FAHIMNA dicetak menggunakan mesin fotokopian?


Sebab, untuk mencetak buku menggunakan mesin cetak, butuh biaya yang besar. Saya pernah punya pengalaman nyetak buku di percetakan. Untuk dapat biaya murah, paling tidak perjudul harus dicetak sekitar 2000-3000 eksemplar.


Bisa dibayangkan sendiri kalau SERIAL KITAB FAHIMNA yang 10 JILID dicetak di percetakan besar. Butuh modal ratusan juta! Sementara saya waktu itu, untuk bayar kontrakan perbulan saja masih harus bekerja keras mencari uang.


Supaya pembeli tidak kecewa, saya jelaskan hal ini. Saya sampaikan bahwa SERIAL KITAB FAHIMNA masih berbentuk fotokopian. Saya fotokan tampilan luar dan dalamnya.


Saya hanya bisa meyakinkan, bahwa materinya -insya Allah- bermanfaat. Hanya kualitas fisiknya saja yang kurang. Kalau mau beli silakan, kalau tidak juga nggak masalah. Nyantai ajah!


Naah...


Ini juga penting kita lakukan. Saat bisnis online, kita harus jujur. Jika ada sesuatu yang berpotensi membuat pembeli kecewa kalau tidak tahu, maka kita harus jelaskan. Jangan sampai mereka nanti kecewa. 


Tampilan SERIAL KITAB FAHIMNA bisa dilihat di: 


http://kitabfahimna.blogspot.com/p/fahimna-lengkap.html?m=1


*****


Mungkin itu sedikit tips dari saya. Kesimpulannya, kalau kita ingin sukses bisnis online, paling tidak kita lakukan beberapa hal berikut:


1. Jual produk yang bagus menurut kita & orang lain.


2. Untuk meyakinkan orang, tampilkan testimoni sebanyak2nya.


3. Ada nilai tambah


4. Kalau bisa, gratis ongkir.


5. Jujur, jelaskan produk kita apa adanya


Bisa juga kita tambahkan tips yang lain semisal: transaksi mudah, respon cepat, pengemasan rapi, dll. 


Namun, yang lebih penting dari itu semua, kita senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala Sang Pemberi rezeki agar usaha kita diberkahi.


Perbanyak juga sedekah, terutama kepada orang tua.  Jangan perhitungan kalau memberi kepada orang tua. Berikan saja. Jangan dihitung sebagai hutang!


Demikian.


Bersambung...


@MuhammadMujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar