Senin, 14 Februari 2022

AKU & BAHASA ARAB: BELAJAR SAMPAI MATI

 📒 AKU & BAHASA ARAB


✍️ BELAJAR SAMPAI MATI



Tidak ada kata BERHENTI untuk belajar. Meskipun kita sudah tidak sekolah lagi, kita tetap harus terus belajar. Terutama belajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ibadah kita sebagai seorang hamba.


Pada suatu hari, ada orang yang melihat Imam Ahmad rahimahullah sedang berjalan sambil membawa wadah tinta. Dia pun heran dan menanyakan alasannya.


Imam Ahmad rahimahullah menjawab:


مع المحبرة إلی المقبرة


"Bersama wadah tinta, hingga ke kuburan".


Maksudnya, belajar itu sampai mati. Tiada kata berhenti selagi hayat masih di kandung badan.


*****


Alhamdulillah, sampai sakarang saya masih ditolong Allah Subahanahu wa Ta'ala untuk terus belajar. Diantaranya belajar kaidah-kaidah bahasa Arab. 


Buku-buku pelajaran bahasa Arab masih terus saya tambah. Sebagian ada yang saya beli, sebagian lagi saya ambil dari internet berupa ebook.


Beberapa majelis pembelajaran bahasa Arab masih suka saya ikuti. Diantaranya majelis kitab Mulakhosh yang dibimbing oleh Ustadz Abu Kunaiza, PhD (Doktor di Bidang Nahwu King Saud University) di chanel telegram https://t.me/nadwaabukunaiza. Buku-buku karya beliau pun hampir semuanya saya koleksi. 


Saya juga banyak mengambil faidah dari banyak ustadz yang menshare ilmunya di dunia maya. Ada yang via FB, Youtube, Telegram, dll. Misalnya saja Ustadz Khalid Abdul Aziz (Penulis kitab An-Nahwu At- Tathbiqi), Ustadz Muhammad Makkaawi, dll.


Video-video berbahasa Arab banyak saya download dan saya simak. Ada yang berupa ceramah ulama, film kartun anak, kisah bersambung, dll. Ratusan  jumlahnya. 


Sebelum KABARNAS (Tahun 2020), saya pernah ikut majelis bahasa Arab untuk tingkat dasar lagi. Pengajarnya kawan saya alumni Gontor yang dulu pernah mengajarkan bahasa Arab kepada saya di awal-awal saya mengenal bahasa Arab.


Saya belajar bersama kawan-kawan saya yang mereka juga belajar di majelis saya. Jadi saya belajar bareng murid-murid saya. Kita belajar bersama. Waktu itu, kami mempelajari Kitab Silsilah (Kitab Ta'bir). Selain ingin mengisi waktu luang, saya juga ingin muroja'ah lagi.


Intinya, sampai sekarang, saya masih terus belajar bahasa Arab. Masih banyak hal yang belum saya pelajari. 


Semoga, saya bisa menapaki jalan ilmu ini sampai mati. 



@MuhammadMujianto


👇BACA KISAH LAINNYA DI👇


http://kitabfahimna.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar