Sabtu, 26 Februari 2022

AKU & BAHASA ARAB (BAB 4) WISMA AL-QUDWAH


 BAB 4

WISMA AL-QUDWAH



Sudah saya sampaikan pada kisah sebelumnya bahwa dari SMA, ada empat orang yang diterima di IPB, termasuk saya. Ketiga kawan saya kuliah di kampus IPB Baranangsiang, sedangkan saya sendiri kuliah di kampus IPB Dramaga.

Waktu itu, saya tidak kenal siapa-siapa di Dramaga. Semuanya serba asing bagi saya. Namun, ketika sedang berada di kampus IPB Baranangsiang, saya bertemu dengan seorang mahasiswa senior di IPB.

"Saya punya kawan di Dramaga, kosnya di Wisma Al-Qudwah.…," ucapnya kepada saya waktu itu.

Berbekal informasi ini, saya pun coba untuk mencari kos-kosan mahasiswa dengan nama “Wisma Al-Qudwah”.


*****


Ketika turun dari angkot Kampus Dalam IPB Dramaga, saya tidak tahu harus menuju ke mana. Saat saya sedang kebingungan, lewat seorang mahasiswi berjilbab.


“Maaf, Mbak, tahu Wisma Al-Qudwah?,” tanya saya kepadanya.


Entah kenapa, mahasiswi ini kemudian mau mengantarkan saya ke depan Wisma Al-Qudwah. Mungkin dia tahu kalau saya ini mahasiswa baru yang memang butuh untuk diberikan bimbingan dan arahan :)


Ternyata, lokasi Wisma Al-Qudwah tidak jauh dari pangkalan angkot. Sekitar 100 meteran. Saya lihat, di depannya ada papan nama bertuliskan "Pondok Asri Al-Qudwah". Bangunannya tingkat dua. Berbentuk U. Di tengahnya ada taman kecil. Kalau tidak salah, ada sekitar 20-an kamar. Masing-masing kamar diisi oleh dua mahasiswa. Hanya ada beberapa kamar yang diisi oleh satu orang mahasiswa.

Rupanya, pondok ini adalah "Rumah Binaan". Disebut demikian karena selain untuk tempat tinggal, pondok ini memiliki program keislaman untuk membina para penghuninya agar menjadi mahasiswa Muslim yang taat.

Hampir setiap hari ada kajian keislaman di wisma ini. Kadang pagi hari ba'da Subuh dan kadang malam hari ba'da Isya. Kadang belajarnya digabung di aula, dan kadang dibagi menjadi beberapa kelompok.

Seingat saya waktu itu, pembinaan yang ada seputar: aqidah, fikih, dan bahasa Arab. Yang mengajar kebanyakan mahasiswa senior.

Nah, di wisma inilah pertama kali saya belajar bahasa Arab. Lebih tepatnya belajar ilmu Nahwu.



Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar