Kamis, 03 Februari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (26)

 📒 KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (26)




✍️ SERIAL KITAB FAHIMNA (2)


Setelah jadi enam modul FAHIMNA, saya coba ajarkan ke beberapa kawan mahasiswa IPB. Saya buat majelis pembelajarannya di sebuah musholla sekitar kampus IPB Dramaga.


Pernah juga saya buat daurohnya. Selama beberapa hari saya kaji modul FAHIMNA.  

 


Selain saya ajarkan langsung, modul FAHIMNA saya buat pelatihan onlinenya. Modul saya jual online. Bagi yang membeli, boleh konsultasi via SMS atau telpon.


*****


Kemudian, muncul ide untuk mengubah modul FAHIMNA menjadi buku. Lahirlah kemudian dua buku ukuran A4. Buku pertama membahas ilmu Nahwu Dasar, dan buku kedua membahas ilmu Shorof dasar.


Setelah itu, muncul ide untuk membuat sebuah buku pengantar sebelum mempelajari buku Nahwu dasar dan Shorof dasar. Sebuah buku yang mengenalkan kaidah umum Nahwu Shorof dalam satu buku. Lahirlah kemudian KITAB FAHIMNA NAHWU SHOROF UNTUK PEMULA.


Tidak lama kemudian, lahir 3 buku lagi: FAHIMNA NAHWU LANJUTAN, FAHIMNA SHOROF LANJUTAN, dan FAHIMNA LATIHAN BACA KITAB. Total semua ada 6 buku.


Jadi, SERIAL KITAB FAHIMNA awalnya ada 6 BUKU. Belum ada FAHIMNA PEMANTAPAN & buku kumpulan KUNCI JAWABAN LATIHAN. 


*****


SERIAL KITAB FAHIMNA masih terus saya ajarkan ke beberapa mahasiswa IPB. Istri saya pun ikut mengajarkannya ke teman2nya. Semuanya mahasiswi IPB. 


Ke-6 SERIAL KITAB FAHIMA saya jual juga lewat online. Saya jual dalam bentuk fotokopian. Alhamdulillah, cukup laku. Bahkan ada yang beli lebih dari sekali. Padahal bukunya masih berupa fotokopian.


Respon positif banyak berdatangan, baik dari murid saya langsung, atau pun dari para pembeli KITAB FAHIMNA.  Banyak yang tercerahkan.


Berikut ini diantaranya:


.....

Buku FAHIMNA sangat cocok digunakan untuk mempelajari bahasa Arab khususnya Nahwu & Shorof, terlebih bagi pemula karena susunannya sistematis, sarat kaidah & contoh. Buku ini rujukan tepat bagi siapa yang nantinya akan mempelajari buku/kitab lanjutan ataupun cabang-cabang keilmuan bahasa Arab lainnya. Saya bersyukur bisa mempelajari buku FAHIMNA kelas dasar hingga selesai, sehingga sangat memudahkan saya mempelajari kitab “Muyassar”, kitab-kitab “Silsilah”, dan kitab-kitab para ulama.”

(Muhammad Yusuf Saputra, Guru IPA di Lembaga Bimbingan Belajar Bintang Pelajar Bogor)


.....

“Menurut ana..Kitab Fahimna itu –maa sya Allah- bagus banget buat pemula..Sy dulu sama temen2 belajar bhs arab mulai dari nol make kitab ini.. Setelah beberapa lama, mulai kelihatan hasilnya. Mempelajari kitab2 lanjutan menjadi terasa lebih mudah..Alhamdulillah..Sekarang udah mulai bisa baca kitab gundul…Menghafal AlQuran dan hadits pun menjadi lebih mudah..Memang bhs arab kuncinya..Syukran buat penulis buku ini..Jazakallahu kairan..Semoga menjadi ladang amal kebaikan yang terus mengalir buat antum dan keluarga…^^.”

(Jordan Kahfi, Guru KIMIA SMA di Lembaga Bimbingan Belajar Bintang Pelajar Bogor)

...


Bersambung...


@MuhammadMujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar