Kamis, 02 Mei 2019

LATIHAN BACA RISALAH RINGKAS

๐Ÿ“š BUKU PELENGKAP BELAJAR BAHASA ARAB

๐Ÿ‘ Latihan Baca Arab Gundul Bersama Risalah Ringkas

๐ŸŒป A5, 118 hal
๐ŸŒป RP. 30.000 (BELUM ONGKIR)

✍ Format Pemesanan: RISALAH/NAMA/ALAMAT LENGKAP/NO HP

๐Ÿ‘‰ Kirim Via WA ke NO: 0895-3528-86439

☝Setelah itu tunggu konfirmasi dari admin ☝

✊Semangat Belajar✊


Minggu, 21 April 2019

BUKU LATIHAN BACA ARAB GUNDUL

๐Ÿ“š BUKU PELENGKAP BELAJAR BAHASA ARAB

☕Belajar Membaca & Menerjemahkan: Rangkaian Kata, Cerita Pendek, Kutipan Kitab, Risalah Ringkas

๐ŸŒป A5, 152 hal
๐ŸŒป RP. 30.000 (BELUM ONGKIR)

✍ Format Pemesanan: BACA/NAMA/ALAMAT LENGKAP/NO HP

๐Ÿ‘‰ Kirim Via WA ke NO: 0895-3528-86439

☝Setelah itu tunggu konfirmasi dari admin ☝

✊Semangat Belajar✊





Minggu, 17 Maret 2019

LANGKAH AWAL BELAJAR MUHADATSAH

๐Ÿ‘ฃLANGKAH AWAL

Termasuk yang awal-awal harus kita lakukan saat belajar percakapan adalah belajar bikin soal-jawab. Dimulai dari yang sederhana dulu saja.

Misalnya:

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู…

ูˆ ุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู…

ูƒูŠู ุญุงู„ูƒ؟
Gimana kabar ente?

ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุจุฎูŠุฑ
Alhamdulilkah, baik

ู…ุง ุงุณู…ูƒ؟
Siapa namamu?

Sabtu, 16 Maret 2019

TIPS MENGHAFAL MUFRODAT

TIPS MENGHAFAL MUFRODAT

Sebagian orang menghafal mufrodat dengan cara menempelkan kertas kecil bertuliskan nama benda dengan bahasa Arab. Kertas itu kemudian ditempelkan di benda-benda yang bersangkutan.

Misalnya, di pintu, jendela, di pintu kamar mandi, TV, dll. Tujuannya supaya sering dilihat, sehingga lama-lama jadi hafal.

Barangkali ada yang mau mencobanya?

Silakan...

๐Ÿ‘‰ Blog Fahimna: http://kitabfahimna.blogspot.com

MERANGKAI CERITA BAHASA ARAB

✍ TIPS MENGAJAR BAHASA ARAB

☕MERANGKAI CERITA

Setelah siswa belajar jumlah ismiyyah dan jumlah fi'iliyyah, coba guru membuat permainan di kelas.

Caranya begini...

Pertama, siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kemudian, papan tulis dibagi dua bagian.

Nanti, satu orang-satu orang dari masing-masing kelompok diminta menuliskan satu kata di papan tulis. Kata-kata itu nanti akan dirangkai menjadi cerita pendek.

Yang ceritanya paling bagus dan sesuai kaidah, maka dialah yang menang.

Tapi,

BELAJAR MUHADATSAH (3)

✍ TIPS BELAJAR MUHADATSAH (3)

Biasanya selama ini, belajar muhadatsah selalunya dilakukan di dalam ruangan. Dan ini bagus, nggak ada masalah.

Tapi..

Akan lebih bagus sekali waktu belajar muhadatsah langsung di kondisi rilnya.

Maksudnya gimana, Bang?

Begini...

Misalnya selama ini sudah menghafal kosakata seputar buah-buahan, sayuran, pakaian, perabotan rumah, dll.

Naah...

Sekarang,

Kamis, 14 Maret 2019

OPEN PO KAOS BAHASA ARAB TAHAP 1

☝Untuk Para Pecinta Bahasa Arab ☝

๐Ÿ‘•OPEN PO KAOS "BAHASA ARAB" TAHAP 1 (Lihat Gambar Design Kaosnya di Bawah ๐Ÿ‘‡)

๐Ÿ“š BONUS 5 EBOOK Latihan Baca Arab Gundul yang bisa kita jadikan persiapan menyambut RAMADHAN:

❤ Do'a Harian
❤ Bacaan Shalat
❤ Cara Shalat Ketika Sakit
❤ Cara Wudhu, Mandi, Tayamum
❤ Tafsir Ringkas Alfatihah

✍ EBOOK berisi tulisan bahasa Arab (Berharokat & Tanpa Harokat), Terjemah, & I'rob Perkata.

๐Ÿ‘‰ Semua EBOOK akan dikirim via WA

✈ INFO terkait harga kaos, cara pemesanan, dll. silakan langsung via WA: 0895-3528-86439 (Atau tingggal KLIK: http://bit.ly/kaosdakwahfahimna )


☝TAHAP 1 pemesanan PALING LAMBAT hari JUM'AT 15 MARET 2019☝


Rabu, 13 Maret 2019

BELAJAR MUHADATSAH (2)

✍ TIPS BELAJAR MUHADATSAH (2)

Yup, melanjutkan latihan muhadatsah sebelumnya, sekarang coba pegang lagi pulpennya!

Sudah?

Sekarang, satu orang coba ajukan pertanyaan ke temannya begini:

ู‡ู„ ุนู†ุฏูƒ ู‚ู„ู…؟

Hal 'indak qolam?
(Apakah kamu punya pulpen?)

Jawabannya tentu:

NGAPAIN BELAJAR BAHASA ARAB?

❓Ngapain sih belajar bahasa Arab?

Saya yakin banyak orang berfikiran seperti ini: Ngapain sih belajar bahasa Arab? Saya kan bukan orang pesantrenan? Emangnya bahasa Arab kepake buat ngelamar kerja?

Saya juga dulu nggak pernah kepikiran untuk belajar bahasa Arab. Yang ada dulu, saya dimotivasi untuk belajar bahasa Inggris dan komputer. Katanya, kalau kita bisa dua kemahiran ini, kita akan sukses di dunia kerja. Gampang nyari kerjanya. Gajinya juga gede.

Makanya saya nggak pernah punya keinginan belajar bahasa Arab dari kecil. Hingga bertahun-tahun lamanya.

Hingga suatu ketika,

Selasa, 12 Maret 2019

PUSYING!



☕PUSYING!

Beberapa tahun yang lalu, saya dan kawan-kawan dari Pondok Prestasi mengadakan Pelatihan Bahasa Arab Intensif di salah satu Lab ILKOM IPB. Pelatihan berlangsung dari sekitar jam 7-an, sampai menjelang Zhuhur. Sesi pertama Bahasa Arab sampai sekitar jam 10-an. Kemudian dilanjutkan dengan Ilmu Tajwid oleh pengajar yang lain.

Di akhir pelatihan, saya adakan ujian kecil-kecilan. Dan saya minta komentar peserta terkait pelajaran bahasa Arab. Apakah bikin pusing?

TIPS BELAJAR MUHADATSAH (1)


Memang belajar muhadatsah yang efektif itu harus ada temannya. Minimal satu orang.

Naah..

Sekarang, coba Antum cari teman satu orang untuk diajak belajar muhadatsah. Saya tunggu 5 MENIT dari sekarang...

Ayo, cari...! Jangan diem-diem bae...!

(Ceritanya udah 5 MENIT)

Ok, sekarang Antum berdua masing-masing pegang pulpen ๐Ÿ–Š

Sudah?

Nah, pulpen bahasa Arabnya apa?

☕ ู‚ู„ู…

Ok, sip๐Ÿ‘

Nah, sekarang begini...

Minggu, 10 Maret 2019

MOTIVASI: DUIT

Sebagai seorang Muslim, jika kita ingin meraih SUKSES dalam hal apapun, hendaknya kita ber-DUIT.

Maksudnya?

Begini...

Jumat, 08 Maret 2019

MAU APA?

Bagi orang yang baru mau belajar bahasa Arab, apalagi belajarnya di luar pondok pesantren, penting sebelum belajar itu menentukan tujuan dulu.

Apa yang ingin dicapai? Apa ingin bisa ngomong? Ingin bisa baca kitab? Atau apa?

Sebab, nanti berpengaruh juga dengan cara belajar. Dan juga kosakata yang harus dihafal.


Belajar ngomong ada caranya sendiri. Begitupun dengan belajar baca. Kosakata percakapan juga nanti agak beda dengan kosakata kitab.

Naah...

Jadi begitu...

Tapi,

Senin, 04 Maret 2019

RINGKASAN ILMU NAHWU





#RINGKASAN

Diantara cara yang bagus dalam belajar adalah dengan membuat ringkasan.

Jadi begini...

Setelah kita mempelajari sebuah buku, coba buat ringkasannya dalam beberapa lembar kertas. Kalau bisa dalam satu halaman kertas.

Jadi nanti,

SENYUM



#SENYUM

Simak tulisan berharokat dan terjemahnya di: http://t.me/bacaarabgundul

Kamis, 28 Februari 2019

ANTARA MEREKA & KAMI


Teman-teman yang sudah belajar ILMU SHOROF tentu tau tashrifan fi'il madhi untuk pelaku orang ketiga wanita jamak (MEREKA). Jika bacanya dipanjangin, nanti berubah arti jadi pelakunya orang pertama jamak (KAMI).

Misalnya, kata ุฐَู‡َุจْู†َ (Mereka para wanita telah pergi). Jika  bacanya dipanjangin, maka jadi ุฐَู‡َุจْู†َุง (Kami telah pergi).

Naah...

MUSLIHAT

HE HE HE...  PINTER JUGA NIH BOCAH...

(KLIK GAMBAR AGAR JELAS)


BACA TERJEMAHNYA

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Rabu, 27 Februari 2019

KAOS HIJRAH

Sebelum KAOS HIJRAH dikirim, kami cek terlebih dahulu kondisinya.

Namun, jika teman-teman mendapati cacat pada kaos, maka silakan dikembalikan.

Ongkos kirim kami tanggung.

Demikian, sekilas info.

๐Ÿ‘• Gambar design kaos lengkap dan cara pemesanan, silakan langsung di lapak saja:

๐Ÿ‘‰ Blog: http://bit.ly/kaoshijrahfahimna

๐Ÿ‘‰ Instagram: https://www.instagram.com/kedaimotikata/

๐Ÿ‘‰ FB:  https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=287992981863734&id=271763536820012

๐Ÿ‘‰ Telegram: http://t.me/kaoshijrahfahimna

✊Semangat Belajar✊

Selasa, 19 Februari 2019

DARI MANA MEMULAI BELAJAR BAHASA ARAB

❓DARI MANA MEMULAI ❓

✍Pertanyaan: Saya baru kepingin belajar bahasa Arab. Kira-kira dari mana saya harus memulai? Buku apa yang harus saya pelajari pertama kali?

๐Ÿ‘‰Jawaban: Pertama-tama saran saya, Antum fokuskan saja dulu belajarnya pada kemahiran membaca. Sebab, inilah yang paling kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kemahiran membaca ini, kita bisa mempercantik ibadah keseharian kita, seperti shalat, do'a, dzikir, dan tilawah al-Qur'an. Adapun kemahiran lainnya (menulis, mendengar, berbicara), bisa dipelajari belakangan.

Naah...

Demikian.

Adapun

AMBIL YANG MUDAH


Saat baru belajar bahasa Arab, ketika terjadi perbedaan pendapat, ambil saja yang mudah. Jangan mempersulit diri.

Beda halnya dengan masalah agama. Kita harus ambil yang paling kuat hujjahnya. Jangan ngambil yang enaknya saja berdasarkan perasaan.

Contohnya, Bang?

Begini..

Kamis, 14 Februari 2019

MENGENAL KATA FAQOTH

๐Ÿ“š CATATAN ILMU NAHWU

Lafazh FAQOTH (ูَู‚َุทْ) tersusun dari dua kata: FA (ุงู„ูุงุก/ูَ) dan QOTH (ู‚َุทْ). Biasanya diterjemahkan dengan "SAJA".

Misalnya:

ู‡ุฐุง ูู‚ุท

Ini saja

ู‚ุงุจู„ู†ูŠ ู…ุฑุฉ ูู‚ุท

Temui aku sekali saja!

FA pada FAQOTH di sini adalah

MENGENAL ANNAA LEBIH DEKAT

✍ CATATAN ILMU NAHWU
๐ŸŒน MENGENAL ANNA (ุฃَู†َّู‰) LEBIH DEKAT

ANNA bisa menjadi ISIM SYARAT & juga ISIM ISTIFHAM.

Berikut ini penjelasan ringkasnya:

๐Ÿ’ฆISIM SYARAT
Bermakna "DI MANA" dan berkedudukan sebagai MAF'UL FIH.

ุฃู†ู‰ ุชุฌู„ุณ ุฃุฌู„ุณ

"Dimanapun engkau duduk, aku akan duduk (di situ juga)."


๐Ÿ’ฆ ISIM ISTIFHAM
Bisa bermakna: bagaimana, dari mana, dan kapan. Dan dia berkedudukan sebagai MAF'UL FIH.

Berikut ini contoh-contohnya:

Selasa, 12 Februari 2019

PENGANTAR MEMAHAMI I'ROB (PEMULA)

๐Ÿ“š BUKU PELENGKAP BELAJAR BAHASA ARAB

๐Ÿ‘ Pengantar Memahami I'ROB untuk PEMULA

๐ŸŒป A5, 140 hal
๐ŸŒป RP. 30.000 (BELUM ONGKIR)

✍ Format Pemesanan: I'ROB/NAMA/ALAMAT LENGKAP/NO HP

๐Ÿ‘‰ Kirim Via WA ke NO: 0895-3528-86439

☝Setelah itu tunggu konfirmasi dari admin ☝





PENGANTAR PENULIS & DAFTAR ISI ๐Ÿ‘‡

Senin, 11 Februari 2019

PELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE VIA WHATSAPP

๐Ÿ‘RAMADHAN sebentar lagi.... ❤๐ŸŒน❤

๐ŸŒป Ayo, persiapkan diri dari sekarang dengan BELAJAR BAHASA ARAB ๐ŸŒป

☝DIBUKA KEMBALI ☝

✊UNTUK PEMULA BANGET✊

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿƒ

๐ŸŒน METODE FAHIMNA ๐ŸŒน

๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š
BERKENALAN DENGAN BAHASA ARAB
๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š๐Ÿ’š
๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ฆ

๐Ÿ“šPELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE METODE FAHIMNA (VIA WHATSAPP)

๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

๐Ÿ’ฆ KESAN ALUMNI๐Ÿ’ฆ
Bismillaah..
Alhamdulillaah..
bertemu dg fahimna adalah  anugrah yg terindah ๐ŸŒน karena metode fahimna ituu menjadikan bahasa arab terasa mudah dan menyenangkan..

daan lebih suka lagi, reward yg d kasih team fahimna kl kita bagus nilai akhirnya .. jadi bikin semangaaat..

sy sudah merasakan, sekrg giliran kamu.. ๐ŸŒน๐ŸŒน
(Audistia Ummu Khaled , 22th, IRT, Bandar Lampung)
๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚๐Ÿƒ๐Ÿ‚

๐ŸŽฏTARGET:

Minggu, 27 Januari 2019

AYO, SEMANGAT!!!

BANGUNLAH DARI MIMPIMU WAHAI SI PEMALAS !!

Al-Imam As-Syafi’i rahimahullah berkata :

ุจู‚َุฏْุฑِ ุงู„ูƒุฏِّ ุชُูƒุชَุณَุจُ ุงู„ู…َุนَู€ู€ุงู„ูŠ ….ูˆู…َู†ْ ุทَู„ุจَ ุงู„ุนُู„ุง ุณَู‡ِู€ุฑَ ุงู„ู„ّูŠุงู„ูŠ

Ketinggian diraih berdasarkan ukuran kerja keras…

Barang siapa yang ingin meraih puncak maka dia akan begadang

ูˆู…َู†ْ ุฑุงู…َ ุงู„ุนُู„ู‰ ู…ِู† ْุบَูŠุฑِ ูƒَู€ุฏٍّ …..ุฃุถَุงุนَ ุงู„ุนُู…ุฑَ ููŠ ุทَู€ู„َุจِ ุงู„ู…ُุญَุงู„ِ

Barang siapa yang mengharapkan ketinggian/kemuliaan tanpa rasa letih…

Maka sesungguhnya ia hanya menghabiskan usianya untuk meraih sesuatu yang mustahil…

ุชَุฑُูˆู…ُ ุงู„ุนِู€ู€ุฒَّ ุซู… ุชَู†ุงู…ُ ู„َูŠู€ู„ุงً …..ูŠَุบُูˆุตُ ุงู„ุจَุญْุฑَ ู…َู† ุทَู„َุจَ ุงู„ู„ุขู„ูŠ

Engkau mengharapkan kejayaan lantas di malam hari hanya tidur aja??

Orang yang yang mencari mutiara harus menyelam di lautan…


Read more https://firanda.com/595-bangunlah-dari-mimpimu-wahai-si-pemalas.html

Jumat, 25 Januari 2019

INGIN BISA BACA ARAB GUNDUL?

INGIN BISA BACA ARAB GUNDUL? BEGINI CARANYA...

Antum ingin bisa baca Arab gundul? Ingin bisa menerjemahkan kitab-kitab ulama yang berbahasa Arab? Berikut ini sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat.


Begini. Kalau Antum ingin bisa baca Arab gundul, maka yang pertama kali harus Antum lakukan adalah belajar ILMU NAHWU & ILMU SHOROF. Tanpa menguasai kedua ilmu ini, akan sulit bagi Antum untuk bisa menguasai bahasa Arab.


(Bagi Antum yang ingin belajar ILMU NAHWU-SHOROF secara mandiri, silakan berkunjung ke Chanel Telegram di sini: http://t.me/kenalannahwu )


Namun, perlu Antum ketahui bahwa menguasai ILMU NAHWU & SHOROF saja tidak cukup. Banyak orang yang sudah menguasai kaidah dasar NAHWU-SHOROF, namun dia tetap masih kesulitan membaca dan menerjemahkan tulisan berbahasa Arab. Apa sebabnya?


Diantara sebabnya adalah: KURANG LATIHAN! Sebab, teori saja tidak cukup untuk menjadikan kita mahir. Seperti halnya belajar silat. Tidak cukup kita hanya membaca buku teori tentang cara melakukan pukulan ini dan itu. Kita harus praktek dan rajin berlatih.


Nah, begitupun dengan bahasa Arab. Kita pun perlu latihan dan praktek menerapkan teori atau kaidah yang sudah kita pelajari. Caranya?


Cara praktisnya begini:

Kamis, 24 Januari 2019

BEDA 'IBAAD & 'ABIID

APA BEDANYA “’IBAAD” & “’ABIID”?


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:


ูˆ ุนุจุงุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฐูŠู† ูŠู…ุดูˆู† ุนู„ู‰ ุงู„ุฃุฑุถ ู‡ูˆู†ุง


“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati…..”. (QS. Al-Furqon: 63)


Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:


ูˆ ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ู„ูŠุณ ุจุธู„ุงู… ู„ู„ุนุจูŠุฏ


“…Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak menganiaya hamba-Nya.”. (QS. Al-Anfal: 51)


Kenapa pada ayat pertama digunakan kata “ุนุจุงุฏ”, sedangkan pada ayat kedua digunakan kata “ุนุจูŠุฏ”?



PENJELASAN:

BELAJAR HIDROPONIK SEDERHANA

๐ŸŒฑBELAJAR HIDROPONIK SEDERHANA๐ŸŒฑ

Untuk menghilangkan kejenuhan dalam proses belajar, kita bisa selingi dengan bercocok tanam. Tapi tanpa tanah!

Namanya bercocok tanam sistem hidroponik.

Pingin belajar?!

Silakan bergabung di๐Ÿ‘‡

Chanel Telegram belajar hidroponik:

http://t.me/hidroponiksederhana








✊ SEMANGAT BERKEBUN ✊

MENGENAL FA SABABIYYAH

Dalam bahasa Arab, HURUF FA ada beberapa macam. Diantaranya ada yang dikenal dengan istilah HURUF FA SABABIYYAH “ุงَู„ْูَุงุกُ ุงู„ุณَّุจَุจِูŠَّุฉُ”.


Huruf FA SABABIYYAH adalah HURUF ‘ATHOF. Namun terletak setelahnya FI’IL MUDHORE yang MANSHUB oleh huruf “ุฃَู†ْ” yang keberadaannya WAJIB untuk DISEMBUNYIKAN[1]. Syaratnya adalah:




(1). Kalimat sebelumnya merupakan sebab dari kalimat setelahnya.

(2). Didahului oleh beberapa perkara berikut:


- AL-AMER “ุงَู„ْุฃَู…ْุฑُ” (PERINTAH)


ู‚ُู…ْ ูَู†َู‚ُูˆْู…َ

“Berdirilah, sehingga kami akan berdiri”.



- AD-DU’A “ุงَู„ุฏُّุนَุงุกُ” (DO’A)

BAHASA ARAB GAMPANG BIN MUDAH


๐Ÿ“š BAHASA ARAB GAMPANG

Download EBOOK + AUDIO PEMBAHASANnya..

GRATIS!

Silakan bergabung bagi yang mau belajar bahasa Arab dari NOL

Ajak teman-teman yang lain...

๐Ÿ‘‰ Chanel Telegram: http://t.me/arabgampang

✊Semangat Belajar✊

KAOS HIJRAH FAHIMNA COLLECTION

KAOS HIJRAH FAHIMNA COLLECTION
HARGA MULAI DARI RP. 35K
-----oOo-----

(KLIK GAMBARNYA AGAR LEBIH JELAS)

























DLL.


-----oOo-----


✍ DAFTAR HARGA KAOS:
๐Ÿ‘• S: 35K
๐Ÿ‘• M: 40K
๐Ÿ‘• L: 45 K
๐Ÿ‘• XL: 50K

๐Ÿ‘‰ Pemesanan Via WA ๐Ÿ‘‡
๐Ÿ‘‰ KLIK DI SINI