Jumat, 04 Februari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (27)

 📒 KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (27)



✍️ PELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE METODE FAHIMNA (1)


Seingat saya, awal kali mengadakan pelatihan bahasa Arab online itu sekitar tahun 2011. Panduannya saya ambil dari lembaran2 modul FAHIMNA yang di kemudian hari menjadi SERIAL KITAB FAHIMNA. 


Ada enam modul waktu itu. Setiap modul satu level. Jadi, totalnya ada enam level. Targetnya bisa memahami kaidah Nahwu Shorof dasar sebagai bekal melanjutkan belajar ke tingkatan yang lebih tinggi secara mandiri.


Bagaimana teknis belajarnya? 


Begini. Awalnya, yang mau ikut pelatihan, wajib membeli modul. Harga permodul Rp. 50.000. Setiap pembeli modul, bebas untuk bekonsultasi, baik lewat SMS atau telpon.


Waktu itu, yang ikut pelatihan tidak terlalu banyak. Sambil mengurus pelatihan, saya masih mengajar bahasa Arab dan sedikit demi sedikit menyusun SERIAL KITAB FAHIMNA.


*****


Ketika lahir SERIAL KITAB FAHIMNA, saya tidak langsung menggunakannya untuk pelatihan online. Tapi, saya susun beberapa modul pembelajaran dengan merujuk ke SERIAL KITAB FAHIMNA. Ada dua modul yang kemudian saya jadikan panduan pelatihan:


💦 MEMBANGUN PONDASI ILMU NAHWU


💦 MEMBANGUN PONDASI ILMU SHOROF


Pelatihan diadakan via FACEBOOK. Peserta dimasukan ke dalam grup khusus, ikhwan dan akhwat terpisah. Diskusi dan tugas dilakukan lewat grup FB.


Waktu itu, saya belum punya HP android. Jadi, belum bisa WA-an. Saya masih lebih nyaman berkomunikasi via FB. Sebab, saya bisa melakukannya menggunakan laptop. Nyaman untuk proses pengetikan.


*****


Awalnya, istri saya yang punya HP android. Kemudian, dia tertarik untuk mengadakan pelatihan bahasa Arab online via WA. Pesertanya semua wanita.


Panduan yang digunakan berasal dari modul bahasa Arab yang saya susun. Kemudian, saya diminta untuk merekam penjelasan isi modul. Setelah itu, audionya dishare via WA.


Saya lihat, sepertinya lebih efektif belajar via WA. Disamping kita bisa share EBOOK, kita juga bisa share AUDIO PENJELASAN. Sehingga materi menjadi lebih jelas. Jika ada yang belum jelas, bisa ditanyakan di grup diskusi lewat tulisan.


Saya pun akhirnya membuka pelatihan bahasa Arab online via WA. Panduan yang digunakan adalah SERIAL KITAB FAHIMNA. Pelatihan gratis. Namun khusus mereka yang sudah membeli SERIAL KITAB FAHIMNA. Pelatihannya saya beri nama: PELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE METODE FAHIMNA.


Alhamdulillah, pelatihan bahasa Arab METODE FAHIMNA ini mendapatkan respon positif. Hingga sekarang, pelatihan METODE FAHIMNA masih terus berlangsung. Jadi, usianya sudah sekitat  9 tahunan (2013-2022).


Bagaimana teknis belajarnya?


Insya Allah, setelah ini akan saya ceritakan.


Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar