Rabu, 02 Februari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (20)

 📒 KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (20)



✍️ PENERJEMAH


Banyak orang bilang:


" Belajar teori Nahwu-Shorof mah gampang... Sebentar juga paham. Yang susah itu prakteknya... Apalagi kalau sudah dihadapkan dengan kalimat panjang..!"


Ya, memang demikian kenyataannya. Kadang ada orang yang sudah selesai belajar kaidah Nahwu Shorof dasar. Kalau dijelasin guru, ngerti. Tapi, ketika diminta baca kitab gundul masih sangat kesulitan.


Apa sebabnya?


Diantaranya, karena kurang latihan. Seperti orang yang ingin bisa belajar berenang, tidak cukup belajar teori dari buku. Kalau mau bisa, harus mau nyemplung ke dalam air. Dan praktiknya tidak cuku sekali dua kali. Harus berkali2.


Makanya, belajar bahasa Arab itu tidak cukup hanya teori.  Tidak cukup kita menghafal definisi2. Harus diiringi juga dengan praktik. 


*****


Banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan sering latihan baca dan menerjemahkan kitab gundul. Diantaranya:


1. Semakin paham kaidah yang sudah kita pelajari.


2. Jadi tahu penerapan kaidah dalam tulisan panjang.


3. Jadi semakin banyak mufrodat.


4. Melatih kemampuan menulis dengan bahasa Indonesia.


Makanya dulu, sepulang dari Dauroh Bahasa Arab selama sekitar sebulanan di Jawa Timur, saya mulai banyak berlatih membaca dan menerjemhkan tulisan bahasa Arab. Saya mulai dari menerjemahkan buletin dan kitab2 kecil berbahasa Arab.


Kemudian, untuk menguji kualitas terjemahan, sebagian naskah terjemahan saya coba kirim ke beberapa penerbit Islam. Alhamdulillah sebagiannya diterima dan diterbitkan.


Saya teringat dengan perkataan seorang teman. Sebut saja namanya Kumbang. Waktu masih kuliah di LIPIA, dia pernah dinasihati dosennya begini:


"Mbang, coba Antum latihan menerjemah.......".


Setelah itu, teman saya itu pun terlihat mulai aktif menerjemahkan kitab. 


Dan memang, modal kemahiran bahasa Arab saja tidak cukup untuk bisa menjadi penerjemah yang baik. Kita juga kudu mahir merangkai kata dalam bahasa Indonesia, agar mudah dipahami orang. Dan itu akan mudah kita lakukan kalau kita sudah sering latihan menerjemah.


Bersambung...


@MuhammadMujianto


👇BACA CERITA LAINNYA DI👇

https://kitabfahimna.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar