Kamis, 10 Februari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB

 TAK KENAL MAKA TA'ARUF


Perkenalkan, nama saya Mujianto. Demikian yang tertulis di KTP. Meskipun nama saya berakhiran huruf “o”, namun saya bukan orang Jawa. Saya Betawi aseli. Orang tua, engkong, encang, encing, semuanya Betawi.


Dalam menulis buku, saya biasa menggunakan nama “Muhammad Mujianto”. Pernah juga menggunakan nama “Abdul Jabbar”. Tapi itu dulu, waktu belum aktif menulis buku-buku pelajaran bahasa Arab.


Saya lahir di

Jakarta 4 Mei 1980. Namun, sekarang saya tinggal di Bogor. Saya sudah pindah domisili menjadi orang Bogor.


Masa kecil hingga SMA saya habiskan di Jakarta. Tepatnya di Kampung Joglo Jakarta Barat. Saya sekolah SD di SDN Joglo 07 Petang, SMP di SMPN 219, dan SMA di SMAN 65. Semuanya berlokasi di Jakarta Barat. Setelah lulus SMA, pada tahun 1998, saya melanjutkan belajar di Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Teknik Pertanian (TEP).


Dari SD hingga SMA, saya belajar di sekolah umum (bukan sekolah Islam). Kuliah pun begitu, di kampus umum. Tentu saja saya tidak pernah dapat pelajaran bahasa Arab. Lalu, kenapa saya jadi bisa bahasa Arab?


Naah…


Ini dia yang akan saya ceritakan dalam buku ini. Silakan nanti dibaca sendiri.


*****


Sebelum menulis buku-buku panduan belajar bahasa Arab, saya pernah aktif menulis artikel untuk di kirim ke media. Sebagian artikel saya pernah dimuat di Koran Republika Jakarta, Pikiran Rakyat Bandung, Majalah El-Fata Solo, Majalah Nikah Solo, dan Majalah Ar-Risalah Solo.


Kemudian, saya juga pernah menulis buku-buku morivasi Islami. Sebagiannya diterbitkan oleh beberapa penerbit di Jakarta, Yogyakarta, dan Solo. Berikut ini diantaranya:


  1. Ngerokok Bikin Kamu Kaya, diterbitkan oleh Penerbit Samudera Solo.

  2. Paspor Kematian, diterbitkan oleh Cicero Publishing Jakarta.

  3. Agar HP Bikin Kamu Masuk Surga, diterbitkan oleh Pro-U Media Yogyakarta.

  4. Dll.


Adapun terkait dengan bahasa Arab, saya pernah menerjemahkan beberapa kitab berbahasa Arab. Sebagiannya sudah pernah diterbitkan. Berikut ini diantaranya:


  1. Al-Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Munkar karya Syaikh bin Baz rahimahullah, diterbitkan oleh Pustaka Darus Sunnah Jakarta.

  2. Asbabun Nashrillah ‘ala A’daihim karya Syaikh bin Baz rahimahullah, diterbitkan oleh Pustaka Ibnu Katsir Bogor.

  3. I’rif Nabiyyaka karya Qism ‘Ilmi Darul Wathan, diterbitkan oleh Pustaka Media Tarbiyah Bogor.

  4. Talkhis Shifat Shalat Nabi karya Syaikh Al-Albani rahimahullah, diterbitkan oleh Al-Aqsha Publishing Depok.

  5. Al-Wasa-il Mufidah lil Hayatis Sa’idah karya Syaikh As-Sa’di rahimahullah, diterbitkan oleh Pustaka Laka Bogor.

  6. Man Al-Faiz? karya Qism ‘Ilmi Darul Wathan, diterbitkan oleh Pustaka Laka Bogor.

  7. Kalimat ilal Murobbi wal Murobbiyat karya Syaikh Jamil Zainu rahimahullah, diterbitkan oleh Pustaka Laka Bogor.

  8. Dll.


Sekarang, saya lebih fokus menulis buku-buku panduan belajar bahasa Arab. Kebanyakannya seputar kaidah ilmu Nahwu dan ilmu Shorof.


Hingga kini (Februari 2022), sudah sekitar 50-an judul buku yang saya tulis. Ada yang masih saya terbitkan, dan ada yang sudah tidak cetak lagi. Berikut ini diantaranya:


  1. Serial Kitab Fahimna (10 Jilid)

  2. Bahasa Arab Gampang

  3. Ilmu Nahwu Mudah

  4. Ilmu Shorof Mudah

  5. Berkenalan dengan Bahasa Arab

  6. Belajar Membuat Soal Jawab dalam Bahasa Arab

  7. Belajar Membuat Kalimat & Cerita Pendek Sederhana dalam Bahasa Arab

  8. Siapa Bilang Ilmu Shorof Susah

  9. Siapa Bilang Ilmu Nahwu Susah

  10. Kosakata Percakapan Bahasa Arab

  11. Belajar Tashrifan (2 Jilid)

  12. Belajar Membaca & Menejemahkan: Rangkaian Kata, Cerita Pendek, Kutipan Kitab, dan Risalah Ringkas

  13. Bilangan dalam Bahasa Arab (1-1.000.000.000)

  14. Pengantar Memahami I’rob

  15. Menyelami Samudera Huruf

  16. Percakapan Bahasa Arab 2 Menit

  17. Tashrif Juz ‘Amma

  18. Tashrif Juz 29

  19. Tashrif Surat Al-Kahfi Dll.

  20. Tashrif Hadits Arba’in

  21. Dll.




Judul-judul buku yang lain bisa dibaca di blog http://kitabfahimna.blogspot.com. Insya Allah, buku akan terus diperbanyak.


Aktifitas saya sehari-hari sekarang adalah menulis, belajar, mengajar, dan bisnis online.


Barangkali ini saja sedikit perkenalan dari saya. Saatnya sekarang saya akan bercerita. Semoga apa yang nanti saya sampaikan ada manfaatnya.


Begini ceritanya…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar