Senin, 21 September 2020

NILAI TAMBAH

 

NILAI TAMBAH


Saya suka makan ketoprak. Nggak pake banget sih. Suka ajah. 


Biasanya makanan yang ada campuran bumbu-bumbu kacangnya saya suka. Misalnya saja: somay, sate, batagor, gado-gado, doclang, lontong bumbu, cimol bumbu kacang,  dll.


Nah, kembali ke ketoprak.....


Dari sekian banyak ketoprak yang pernah saya coba, belum ada kayaknya yang ngalahin ketoprak di Pangkot Kampus Dalam IPB Bogor. Bumbunya mantep. Kentel! 


Kalo beli dibungkus, kerupuknya dikasih seplastik. Puas dah pokoknya. Bisa dimakan bedua, karena saking banyaknya.


Tapi saya merasa rada aneh. Biasanya di awal beli bapaknya selalu nanya:


'Pedes nggak, De?'


Kalo saya jawab 'sedang', ternyata rasanya pedas. Apalagi kalo saya jawab 'pedas', bakalan langsung mules abis makan. 


Aneh, kan?


Biasanya langsung saya jawab begini kalo ditanya:


'Cabenya 2 biji ajah, Pak!'


Tapi tadi saya lupa. Saya jawab 'sedang'. Pantesan rasanya pedas. Maklumlah, semenjak pindah kontrakan ke Ciomas saya jarang beli. Jadi saya lupa. Tadi juga bapaknya nanyain:


'Tinggal di mana sekarang, jarang keliatan?'





Saya lupa sejak kapan Si Bapak itu jualan ketoprak. Perasaan dulu dia udah pernah cerita. Tapi saya lupa. Yang jelas pertama kali saya nyobain tahun 1998, ketika awal-awal saya menginjakkan kaki di Dramaga Bogor.


Berarti udah lama juga Si Bapak ini jualan. Sudah belasan tahun. Bahkan mungkin lebih. 


Hebat masih bisa bertahan! Berarti dagangannya laku dan banyak pelanggannya. 


*


Kalau saya perhatikan, ada dua nilai tambah dari ketoprak pangkot ini dibanding ketoprak lainnya di sekitar Kampus IPB Dramaga. Kalau masalah harga sih nggak jauh beda dari yang lain. Seporsi ceban kalo nggak pake telor. 


☕Pertama, bumbunya banyak dan kentel. Beda dengan yang lain. 


☕Kedua, kerupuknya banyak beud. Kalo beli dibungkus dikasih beberapa raup kerupuk. Kalo ketoprak yang lain kerupuknya seuprit diselipin di dalem bungkusan. Beda dengan Si Bapak ini.


Dua nilai tambah inilah saya kira yang membuat banyak orang suka. Porsinya juga jumbo. Bisa dimakan berdua. Kalo dulu biasanya saya makan bareng temen sekosan. Sekarang biasanya berdua sama istri.


*


Kesimpulannya, nilai tambah itu penting dalam berjualan. Apalagi jika kita jualan produk yang sudah banyak dijual. Hendaknya kita fokus pada nilai tambah.


Misalnya, di deket ketoprak pangkot dulu ada yang jualan gorengan gede-gede. Tapi  harganya sama dengan tukang gorengan yang lain. Sehingga laris manis lah dia. Mahasiswa banyak yang beli ke situ. Soalnya cocok banget buat mereka. murah dan bikin kenyang. Itu biasanya yang dicari mahasiswa. Jadi nilai tambah dia di ukuran produk yang dia jual.


Trus, di daerah Bara IPB ada tukang cimol yang laris manis. Awalnya saya perhatikan, setiap cimol diangkat dari penggorengan langsung habis ada yang beli. Saya pun penasaran pingin nyoba.


 Ternyata cimolnya pake bumbu kacang. Beda dengan cimol pada umumnya yang cuma pake bumbu biasa. Jadi nilai tambahnya terletak di bumbu.


Ok deh...


Saya kira udah jelas ya tentang nilai tambah. Bahasa gampangnya 'Keunggulan kita apa dibanding yang lain?'. 


Contoh lainnya misalnya buku-buku bahasa Arab yang saya tulis. Biasanya, buku-buku panduan belajar bahasa Arab yang umum dijual di pasaran isinya cuma kaidah dan latihan. Kunci jawaban latihannya nggak ada.


Naah...


Kalau di buku saya lengkap. Ada kaidah, soal latihan, dan ada juga kunci jawaban latihannya. 


Ada yang mau pesan?


Nih infonya 👇👇👇


📚 FAHIMNA PUBLISHING


Pemesanan buku terbitan FAHIMNA PUBLISHING bisa menghubungi NO WA: http://wa.me/62895352886439





Ups! Maaf... Jadi iklan dikit... Hehe... Gapapa, kan?!


Lanjuut...


Kita juga bisa ngasih nilai tambah di pelayanan, di tempat parkiran, di suasana warung, di bonus-bonus, di harga, dll.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf. 


Wassalam.


✍️ Muhammad Mujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar