Rabu, 23 September 2020

JANGAN LUPA MUROJA'AH!

 

☝️JANGAN LUPA MUROJA'AH!


Inilah yang selalu saya ingatkan kepada kawan-kawan yang sedang belajar bahasa Arab.


JANGAN LUPA MUROJA’AH….! 


JANGAN LUPA MUROJA’AH….! 


JANGAN LUPA MUROJA’AH…..!


Dikelas bahasa Arab yang saya asuh,

saya tak bosan-bosannya mengingatkan murid-murid saya.


JANGAN LUPA MUROJA’AH….! 


JANGAN LUPA MUROJA’AH….! 


JANGAN LUPA MUROJA’AH…..!


Sebab muroja’ah itu penting. Bahkan sangat penting. 


Saya sangat yakin, tidak ada seorang pun yang sekarang mahir berbahasa Arab tanpa melakukan muroja’ah di dalam proses belajarnya. Kalau tidak percaya, coba tanyakan langsung kepada mereka-mereka yang sekarang sudah jago bahasa Arab.


Kenapa muroja’ah begitu penting?


Sebab, dengan muroja’ah kita jadi semakin faham materi yang sudah kita pelajari. Dengan muroja’ah, materi pelajaran yang awalnya terasa redup, bisa berubah kemudian menjadi terang benderang.


 Muroja’ah juga merupakan bukti bahwa kita ini memang SERIUS & SUNGGUH-SUNGGUH ingin bisa bahasa Arab. Bukan cuma pengen, doang! Tapi memang serius ingin BISA.


Saya jadi teringat dengan seorang anak kecil usia sekitar 12 tahunan yang pernah mengikuti pelatihahan bahasa Arab selama satu bulanan di sebuah pondok pesantren. Selesai belajar di kelas, dia ulang kembali pelajaran yang dia dapat sambil duduk bersandar di dinding masjid. Akhirnya, dia bisa menjadi juara mengalahkan peserta lainnya yang berusia jauh di atasnya.


Dan saya juga ingat ketika awal-awal semangat belajar bahasa Arab (Sekitar tahun 1999). Pernah saya bangun sekitar jam 1-2 malam untuk muroja’ah pelajaran bahasa Arab yang sudah saya dapat. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa menjadi seperti sekarang ini, bisa menulis SERIAL KITAB FAHIMNA (Panduan Belajar Bahasa Arab Secara Otodidak).


Makanya, saya tak bosan-bosannya mengingatkan kepada siapa saja yang sekarang ini sedang belajar bahasa Arab.


JANGAN LUPA MUROJA’AH….!


JANGAN LUPA MUROJA’AH….! 


JANGAN LUPA MUROJA’AH…..!


Demikian saja. 


Semoga bermanfaat.


Sekali lagi..


JANGAN LUPA MUROJA’AH YA…….


Wallahu a’lam.


✍️ Muhammad Mujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar