Selasa, 22 September 2020

BELAJAR BAHASA ARAB SEBELUM MENIKAH

 

✍️ BELAJAR BAHASA ARAB SEBELUM MENIKAH


Ini saran saya untuk Anda yang saat ini belum menikah. Jika Anda memang ingin bisa bahasa Arab, pelajarilah sekarang juga. Mumpung Anda belum menikah!


Lho, memangnya kenapa kalau sudah menikah?


Ya, tidak mengapa juga sih. Tapi, akan berbeda keadaannya dengan belajar saat belum menikah. Kalau tidak percaya, tanya saja kepada orang yang sudah nikah.


Untuk memberikan sedikit gambaran, saya akan ceritakan kisah pengalaman Si Fulan (Bukan nama sebenarnya). Saya kenal baik dengan dia. Dan suatu ketika, dia pernah mengutarakan keinginannya kepada saya untuk menguasai bahasa Arab. Namun, dia merasa begitu sulit untuk membagi waktu. Sebab, dia harus bekerja mencari nafkah untuk makan keluarganya sehari-hari.


Kadang dia harus bekerja dari pagi sampai larut malam. Sehingga dia sering merasa capek dan tidak sempat untuk mebuka-buka buku panduan belajar bahasa Arab yang sudah dia punya. Kalau sudah capek dan mengantuk, belajar jadi tidak semangat dan tidak bergairah katanya.


Dia juga pernah bilang bahwa sebenarnya dia sangat ingin membeli banyak buku-buku panduan bahasa Arab dan juga kitab-kitab ulama. Namun,  setelah menikah, dia harus mendahulukan membeli sembako untuk makan keluarga sehari-hari. Sehingga uang yang mestinya bisa dibelikan kitab, harus dia berikan ke istrinya untuk dibelikan beras dan lauk pauk. Dia juga harus alokasikan uang untuk membayar kontrakan perbulan.


Kemudian juga, setelah menikah, dia merasakn fikirannya jadi bercabang. Sekarang dia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Tapi dia juga harus memikirkan keadaan anggota keluarganya juga. Akibat fikiran yang bercabang ini, terkadang membuat dia jadi tidak fokus dalam belajar.


Nah, demikianlah kurang lebih gambaran dari keadaan orang yang sudah menikah. Fikiran bercabang, alokasi dana untuk kebutuhan anak-istri, kontrakan, jajan anak, dll. Belum lagi jika sudah punya anak banyak yang kadang sering menimbulkan gangguan dalam belajar.


Oleh karena itu saya kembali nasihatkan kepada Anda yang saat ini belum menikah. SEBELUM ANDA MENIKAH, PELAJARILAH BAHASA ARAB!


Demikian saja. Semoga bermanfaat.


Wallahu a’lam.


✍️Muhammad Mujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar