Jumat, 18 September 2020

KEBIASAAN SAYA

 


✍️ KEBIASAAN SAYA

Sebelum menulis KITAB FAHIMNA, saya sudah menulis beberapa buku. Ada belasan buku yang sudah saya tulis. Kebanyakannya adalah buku-buku bacaan Islami. 


Tiga diantaranya sudah diterbitkan oleh penerbit buku di

Jakarta, Solo, dan Yogyakarta. Dalam menulis buku, saya biasa menggunakan nama pena “Abdul Jabbar”.


Selain menulis buku, saya juga pernah menulis artikel di koran dan majalah. Ada puluhan artikel yang sudah berhasil saya tulis. Sebagiannya sudah pernah dimuat di HU. Pikiran Rakyat, HU. Republika, Majalah Remaja el-Fata, dan Majalah Islam ar-Risalah.


Penah saya punya pengalaman tiga bulan berturut-turut tulisan saya dimuat di kolom Hikmah koran Republika. Dalam menulis artikel, saya biasa menggunakan nama asli.


Saya memiliki kebiasaan, sebelum menulis buku terlebih dahulu saya buat judul sementaranya. Terkadang satu tema buku bisa saya buat judul sementara lebih dari tiga. Dalam menyusun kitab Nahwu-Shorof kali ini pun begitu.


Saya sudah lupa judul sementara apa saja yang saya berikan waktu itu. Yang saya ingat –meski samar-samar- adalah judul-judul ini: Panduan Belajar Bahasa Arab untuk Anak Balita dan Belajar Bahasa Arab dari Nol Banget.


Kenapa saya ingin beri judul seperti ini? 


Sebab buku yang hedak saya tulis ini rencananya adalah buku yang akan sangat mudah difahami oleh orang yang baru kenal bahasa Arab (dari nol banget). Dan saya berencana membagi buku ini menjadi beberapa tingkatan. Tingatan ini ibarat fase yang biasa dilalui oleh anak balita yang ingin bisa berjalan. Dimulai dari tengkurap, merayap, duduk, merangkak, berdiri, dan berjalan.


Setelah membuat judul sementara, saya pun coba membuat cover buku sementara di komputer. Kemudian cover itu saya print dan saya tempel di dinding kamar. 


Harapan saya, dengan melihat cover sementara itu setiap hari, saya jadi termotivasi untuk segera menuliskan dan menyelesaikannya.


Cara ini terbukti efektif. Sebab, setiap kali melihat cover buku di dinding, saya jadi tertantang untuk segera menulis. Saya pun segera melakukan persiapan-persiapan.


Demikian.


✍️Muhammad Mujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar