Sabtu, 26 September 2020

2 KEJADIAN ANEH

 

✍️ 2 KEJADIAN ANEH


Ada dua kejadian aneh terkait harga saat saya berbelanja. Berikut ini ceritanya...


✨ CERITA 1


Suatu hari, keluarga dari Batavia berkunjung ke Bogor. Enyak, Babeh, Mpok, Ponakan, dll. Mereka pun kemudian minta diajak beli oleh-oleh yang nggak ada di Jakarta. 


Saya ajaklah ponakan paling gede ke terminal Bubulak. Di sana kita beli pisang sale, dodol, tales, manisan pala, dan kerupuk bangka.


Ternyata

banyak yang suka kerupuk bangka. Dan keponakan saya minta dibeliin lagi beberapa bungkus buat oleh-oleh.


Berangkatlah saya bersama ponakan yang satu lagi. Namun, saya mengalami kejadian aneh. 


'Bang, ini tadi 15 ribu kan harganya?' tanya saya ke Si Abang penjaga warung oleh-oleh.


'Iya'


'Kalo saya beli 4 boleh nggak 10 ribu sebungkus?'


'Wah, nggak bisa Pak... Kalo mau, 2 bungkus 35 ribu..'


Saya berfikir nol koma sekian detik. 'Kok aneh ya? Mestinya kan 2 bungkus 30 ribu. Tapi kok malah jadi mahalan beli dua. Aneh banget dah! Salah ngitung kali nih Si Abang..' pikir saya dalam hati.


'Bang, kok jadi malah mahal? 2 bungkus 25 ribu kali maksudnya?'


Abangnya tetep ngotot.


'Nggak bisa, Pak. Udah dari sananya segitu... Kalo 1 bungkus 15 ribu... Kalo 2 bungkus biarin dah 35 ribu saya kasih...'


Saya coba yakinkan beberapa kali lagi. Si abangnya tetep kekeuh segitu. 


Akhirnya...


'Yaudah gini aja Bang... 1 bungkus kan 15 ribu ya?'


'Iya'


'Nah, 15 ribu dikali 4 kan 60 ribu ya?'


'Iya'


'Kalo gitu saya beli 4 bungkus 60 ribu gimana, boleh?'


'Ya, boleh...'


Sesampainya di rumah saya ceritakan sama keluarga. Mereka pada ketawa semua. 


Emang aneh..


Atau mungkin ada pakar bisnis yang bisa ngejelasin kejadian ini? Mungkin ilmu saya belom nyampe?


✨ CERITA 2

Beberapa bulan lalu, saya membeli sebuah peci.  Belinya di pasar kaget yang ada di dekat rumah ortu di Jakarta. 


Ceritanya waktu itu, saya bersama istri iseng jalan-jalan ke pasar kaget. Saat sedang lihat-lihat barang dagangan yang dijual, mata saya tertuju pada tumpukan peci yang berada di atas meja salah seorang pedagang. 


Waktu itu peci saya yang lama sudah rada bulukan. Maka, saya pun tertarik untuk membeli peci baru.


"Berapa bang yang ini?", tanya saya sambil mengangkat sebuah peci pilihan saya.


"85 ribu"


"Mmm... 80 ribu, boleh nggak?"


"Wah, nggak bisa.. Itu udah murah..".


Saya pun kemudian mencoba pilih-pilih peci yang lain. Namun, pilihan saya masih ke peci yang tadi. 


"Yang ini saja saya ambil.. Berapa jadinya pasnya?" tanya saya lagi memastikan harga.


"Ya, sudah... 70 ribu saja, ambil...".


Saya dan istri saya dalam hati bingung juga. Tadi nawar 80 ribu nggak boleh. Sekarang malah dikasih 70 ribu. Apa tadi dia salah denger kali. Solalnya waktu itu, dia sambil melayani pembeli yang lain.


Akhirnya, saya pun jadi membeli peci itu. 


*****


Demikian ceritanya...


Apakah kawan-kawan punya cerita serupa?


✍️ Muhammad Mujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar