Minggu, 27 September 2020

BAGAIMANA SAYA BELAJAR BACA KITAB GUNDUL

 


❓BAGAIMANA SAYA DULU BELAJAR BACA KITAB GUNDUL?


Awal kali saya belajar bahasa Arab itu tahun 1998. Belajarnya di kos-kosan mahasiswa IPB. Waktu itu, saya belajarnya bareng mahasiswa IPB lainnya. Sebagiannya ada yang sekarang sudah jadi ustadz.


Waktu dulu,

sarana belajar yang ada cuma buku. Beda jauh dengan sekarang. Sarana belajar seabreg-abreg. Ada video, audio, ebook, dll. Belajarnya pun bisa online.


Dulu, guru biasanya sebatas ngajar kaidah Nahwu-Shorof. Kita tidak diajarkan praktek baca kitab yang lengkap. Biasanya dulu kitab cuma dibaca dan diterjemahkan. Guru tidak menjelaskan, kenapa harokatnya bisa dhommah, fathah, kasroh, dan sukun.


Sulit waktu itu mencari majelis yang ngajarin baca kitab secara lengkap, ngajarin terjemah dan i'rob katanya juga.


Waktu itu juga, sulit mencari buku latihan baca kitab gundul yang bisa dipelajari sendiri.


Karena pingin banget bisa baca kitab gundul, maka saya melakukan beberapa hal berikut:


1. Menulis ulang ayat al-Qur'an yang saya belum hafal. Tapi saya biarkan tanpa harokat. Kemudian, saya coba baca dan analisa berdasarkan kaidah Nahwu-Shorof yang sudah saya pelajari.


2. Saya berusaha cari kitab dua versi. Maksudnya, versi gundul dan versi berharokat. Saya beli dua-duanya. Kemudian, kitab yang gundul coba saya baca. Kalau ada harokat yang beda dengan kitab yang berharokat, maka saya coba kaji.


Yaah...


Demikian kira-kira cara belajar saya waktu itu. 


Dan...


Saya tidak sarankan Antum pakai cara ini. Sebab, sekarang sarana belajar baca kitab gundul sudah sangat banyak.


Diantaranya buku yang saya susun ini 👇


✊SEMANGAT BELAJAR✊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar