Minggu, 20 September 2020

2 BANDING 1

 

✍️2 BANDING 1 ???


Dulu ada sebagian orang yang mengatakan:


"Pembagian waris dalam Islam nggak adil... Kenapa jatah laki-laki lebih banyak dari wanita... Laki-laki dan wanita 2 banding satu... Kenapa nggak disamakan saja???"


JAWABAN:

Sikap seorang Muslim yang baik ketika berhadapan dengan ketetuan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah "Sami'na wa Atho'na". Bukannya malah membantah dengan bermodalkan akal yang terbatas. Sebab, Allah Subhanahu wa Ta'ala Maha Mengetahui atas apa yang Dia perbuat. Allah Subhabahu wa Ta'ala Maha Mengetahui, Maha Adil dan Maha Bijaksana.


Kemudian perlu diketahui bahwa tidak di semua kasus bagi waris, laki-laki dapat bagian lebih banyak dari wanita. Ada kalanya bagian laki-laki sama dengan wanita. Bahkan kadang bagian laki-laki lebih sedikit, atau malah tidak dapat sama sekali.


Pernah ada seorang Ahli Ilmu melakukan penelitian kasus bagi waris. Kemudian, hasil penelitiannya dijadikan buku. Dalam bukunya, dia memberikan contoh sekitar 30-an kasus bagi waris.


 Kesimpulannya, hanya pada 4 kasus laki-laki dapat bagian dua kali lipat dari bagian wanita. Selebihnya sama, laki-laki lebih sedikit, bahkan kadang malah tidak dapat bagian.

Contohnya bisa dibaca di buku PANDUAN MEMAHAMI ILMU WARIS.



Kenapa ini bisa terjadi?


Ya, itu tadi. Ini sudah ketetapan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kita harus imani. Dan harus kita yakini bahwa dibalik ketetapan ini, pasti ada hikmah besar di dalamnya. 


Jadi, yaa begitu...


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar