Senin, 18 April 2022

AKU & BAHASA ARAB (BAB 40): KABARNAS 3 (3)

 


BAB 40

KABARNAS 3 (3)



Sebelum memutuskan untuk ikut KABARNAS, saya ngobrol dulu dengan istri. Saya bilang ke dia kalau saya ingin ikut training bahasa Arab selama dua bulan. Alhamdulillah, istri saya mendukung. Bahkan, dia menawarkan uang tabungannya untuk digunakan jika diperlukan.

Info KABARNAS sudah saya dapat sejak beberapa bulan sebelum waktu pelaksanaan. Kalau tidak salah, sekitar dua bulanan. Sehingga masih cukup waktu bagi saya untuk mencari uang untuk bekal ikut pelatihan.


Sebenarnya, kalau mau dipaksakan, uang untuk ikut pelatihan ada. Cuma waktu itu, saya juga harus pikirkan yang lain. Saya harus persiapkan uang untuk perpanjang kontrak rumah dan kantor. Saya juga harus persiapkan gaji karyawan. Kemudian, saya juga harus siapkan uang belanja istri selama saya tinggalkan.

Akhirnya,

saya putuskan waktu itu untuk melakukan dua hal: Pertama, saya menulis buku baru. Waktu itu, muncul ide untuk mengubah modul-modul pelatihan (yang biasa saya gunakan untuk mengajar di IPB dan tempat lainnya) menjadi buku. Tak berapa lama, jadilah sebuah buku berjudul "BELAJAR MENYUSUN KALIMAT & CERITA PENDEK SEDERHANA DALAM BAHASA ARAB".

Saya buka PO. Saya berikan bonus-bonus bagi yang memesan buku ini. Waktu itu saya punya target, seandainya hasil penjualan buku ini bisa mencapai Rp. 50 JUTA, insya Allah, saya akan ikut pelatihan sampai selesai.

Alhandulillah, ternyata target tidak tercapai. Seingat saya, seperempatnya pun tidak. Masih sangat jauh dari target.

Yang kedua, saya adakan pelatihan bahasa Arab online membahas kitab Al-Muyassar fi Ilmin Nahwi. Pelatihannya berbayar, selama sekitar delapan bulanan. Biayanya kalau tidak salah Rp. 350.000 sampai selesai.

Alhamdulillah, saya dapat tambahan dana lumayan untuk ikut pelatihan. Namun, jumlah uang yang saya punya, masih jauh dari angka target yang saya sebutkan tadi. Tapi, insya Allah, uangnya cukup untuk bekal pelatihan plus untuk dana simpanan.


Saya pikir waktu itu, sambil nanti ikut pelatihan, saya masih bisa mencari rezeki lewat usaha yang saya sedang jalankan. Alhamdulillah, saya punya karyawan yang bisa bantu menjalankan usaha, meskipun tanpa kehadiran saya di kantor.

Akhirnya, saya pun mendaftarkan diri menjadi peserta KABARNAS 3.



Bersambung...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar