Senin, 18 April 2022

AKU & BAHASA ARAB (BAB 34): BISNIS ONLINE (1)

 


BAB 34

BISNIS ONLINE (1)



Lewat cerita ini, saya sekaligus ingin memberi tips cara bisnis online. Semua berdasarkan pengalaman pribadi. Silakan disimak baik-baik. Semoga bermanfaat.

Begini...

Saya mulai serius menekuni bisnis online sekitar tahun 2013. Waktu itu, baru lahir SERIAL KITAB FAHIMNA. Produk yang saya jual, ya SERIAL KITAB FAHIMNA ini.

Sebelumnya, perlu saya sampaikan bahwa SERIAL KITAB FAHIMNA saya susun dengan penuh keseriusan. Tidak asal-asalan. Sebagaimana pernah saya sampaikan, saya ingin kitab ini bisa dengan mudah dipahami oleh orang yang ingin belajar bahasa Arab secara mandiri, tanpa bimbingan guru secara langsung.

KITAB FAHIMNA saya tulis berdasarkan pengalaman saya belajar dan mengajar bahasa Arab selama sekian tahun lamanya. Apa yang saya ketahui terkait kaidah Nahwu Shorof tingkat dasar, saya tuangkan di situ. Saya berusaha susun semudah dan sesistematis mungkin. Pembahasannya saya pilih yang sekiranya mudah dipahami oleh pelajar pemula.

Sebelum KITAB FAHIMNA dijual,

saya uji cobakan dulu kepada para mahasiswa IPB. Kemudian, saya minta tanggapannya. Alhamdulillah, banyak yang memberi tanggapan positif.

Setelah KITAB FAHIMNA dijual, saya minta tanggapan para pembeli. Alhamdulillah, tanggapan positif terus berdatangan. Kemudian, testimoni yang saya terima saya kumpulkan, dan saya tampilkan di blog tempat menjual SERIAL KITAB FAHIMNA (Lihat di: http://kitabfahimna.blogspot.com/p/testimoni.html?m=1 ).

Naah...

Dari sini, ada tiga hal penting yang perlu kita perhatikan saat bisnis online. Pertama, jualah produk yang menurut kita bagus. Minimal menurut kita dulu bagus. Jangan sampai, kita sendiri tidak yakin dengan kualitas produk yang kita jual.

Kedua, minta penilaian dari orang lain terkait produk yang hendak kita jual. Kalau ada yang kurang, nanti bisa kita perbaiki. Hal ini penting kita lakukan. Sebab, orang lainlah yang nanti akan menikmati produk kita.

Ketiga, cari testimoni sebanyak-banyaknya. Untuk apa? Agar orang lain percaya dengan produk yang kita jual. Kemudian, kita sertakan testimoni saat menawarkan produk kita ke orang lain.



Bersambung…



Tidak ada komentar:

Posting Komentar