Minggu, 21 Agustus 2022

BISA BACA ARAB GUNDUL DALAM 3 JAM


 ❗BISA BACA ARAB GUNDUL DALAM 3 JAM❗


Kira2 mungkin nggak, orang bisa baca arab gundul dalam waktu hanya 2-3 jam saja?


Kalau menurut saya, mungkin!


Kenapa saya bilang mungkin?


Karena saya pernah membuktikannya. 


Ceritanya waktu itu, saya pernah membuat pelatihan bahasa Arab dasar untuk para ummahat. Waktunya dari jam 8 pagi sampai sekitar jam 11 siang. Tergetnya, bisa membuat cerita pendek sederhana.


Saya susunlah modul pelatihannya. Saya buatkan  juga latihannya. Dan ternyata, peserta bisa membaca tulisan arab gundul yang saya buat sekaligus menerjemahkannya.


Arab gundul yang dibaca semisal begini:


محمد أستاذ. يقرأ محمد القرآن في المسجد.


Jadi intinya, bisa saja kita membuat orang bisa baca arab gundul dalam waktu cepat (tentunya semua dengan bantuan Allah Subhanahu wa Ta'ala). Tapi syaratnya paling nggak dua:


💦 Kita yang buat kaidahnya


💦 Kita yang buat latihannya


Waktu itu, modul yang saya gunakan dalam pelatihan, saya ajarkan juga di beberapa majelis pelatihan yang saya bimbing. Diantara majelis pelatihan bahasa Arab setiap Sabtu di kampus IPB Dramaga. 


Modul itu kemudian saya ubah jadi beberapa buku. Diantaranya buku ILMU NAHWU MUDAH (Download di: https://bit.ly/3JgBTsl )


Silakan gunakan untuk sarana belajar dan mengajar di tempat masing2.


✊SEMANGAT BELAJAR✊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar