Minggu, 21 Agustus 2022

NAIKAN HARGA!

 


❗NAIKAN HARGA❗


Kalau barang dagangan kita tidak laku, jangan buru-buru dituruninan harganya. Apalagi sampai diobral. Coba iseng dinaikin dulu harganya.


Kenapa begitu?


Sebelum saya jelaskan alasannya, saya ingin sedikit cerita. Begini...


Waktu kecil, saya hobi baca buku cerita. Dulu, saya senang baca komik petruk, donal bebek, serial lima sekawan, trio detektif, dll. Terutama buku cerita silat yang berseri, saya paling suka.


Naah..


Pernah suatu ketika, saya baca komik donal bebek. Ada kisah menarik di dalamnya.


Suatu hari, donal bebek berjualan bunga di pinggir jalan. Karena tidak laku, dia pun menurunkan harganya. 


Melihat hal itu, Paman Gober (Pamannya donal) memarahinya. 


"Bodoh! Jangan diturunin harganya, justru naikin!"


Kira2 begitu komentarnya.


Tak lama kemudian, setelah harga dinaikin, lewatlah sepasang muda-mudi. Mereka berhenti di tempat donal jualan bunga. Sang pemuda memborong semua bunga untuk dihadiahkan ke pasangannya.


*****


Meskipun kisah ini fiktif, tapi idenya bisa juga dipakai buat jualan. Saya pernah beberapa kali mencobanya. Alhamdulillah, berhasil.


Pernah saya jualan produk dengan harga murah. Tapi tidak laku. Saat harganya saya naikin, eh malah ada yang beli.


Ternyata, beberapa kawan saya juga pernah melakukan hal ini. Ada yang pernah jualan baju murah malah tidak laku. Tapi, setelah harga dinaikin, eh malah laku.


Ternyata, menurut pakar marketing, ada beberapa barang yang memang harus dijual mahal. Sebab, ada sebagian orang yang menganggap bahwa "mahal" identik dengan "bagus". Sebaliknya, "murah" identik dengan "jelek" dan "murahan".


Saya jadi teringat cerita teman. Kata dia, di tempat dia tinggal, ada tukang mie ayam yang jual mie ayam dengan harga murah. Lebih murah dari harga mie ayam pada umumnya. Lalu, apa yang terjadi? Orang2 malah curiga. Jangan2 ayamnya...


Naah...


Jadi, silakan dicoba cara ini. Tidak ada salahnya, kan?


Nanti, bisa dilakukan evaluasi.


Semoga bermanfaat.


#Dikutip dari buku "JANGAN BERHARAP PADA MANUSIA"


👇TIPS LUNAS HUTANG👇

https://bit.ly/3JgBTsl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar