Selasa, 30 Agustus 2022

BAB 15: BERBAGI


BAB 15

BERBAGI


Berbagi tak harus berupa materi. Memberi tak harus berupa uang dan makanan. Dengan informasi sederhana pun kita bisa berbagi dan memberi kebaikan untuk sesama. Dan, insya Allah, ini pun bisa membuahkan pahala, jika niatnya ikhlash karena Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Saya pernah mengalami sebuah kejadian. Waktu itu, touchscreen HP saya tiba-tiba saja tidak berfungsi. Sudah saya otak-atik bagaimanapun tak juga bisa. Akhirnya, saya coba cari solusinya lewat internet. Saya pun dapati sebuah video.

Saya lihat, video itu sudah ditonton ratusan ribu orang. Yang komentar juga banyak. Sebelum saya tonton video, saya coba iseng baca komentarnya dulu. Saya ingin tahu penilaian orang yang sudah menontonnya.

Mata saya pun tertuju pada sebuah komentar. Yang nge-like komentar ini juga banyak. Komentarnya berupa solusi mudah menghadapi masalah yang sedang saya hadapi.

Saya pun langsung mencobanya. Dan ternyata.… Alhamdulillaaah..… Berhasil!

Padahal tadinya saya sudah kepikiran untuk pergi ke tukang service HP.

*****

Naah..

Dari sini kita bisa ambil sebuah pelajaran. Bahwa, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencari pahala. Misalnya saja, dengan memberi tips bermanfaat untuk sesama.

Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَفَّسَ اَللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ اَلْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ، يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا، سَتَرَهُ اَللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ اَلْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

“Barangsiapa melepaskan kesusahan seorang Mukmin dari kesusahan dunia, maka Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang susah, Allah akan mudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi aib seorang Muslim, Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya selama ia menolong saudaranya.”

(HR. Muslim)



Semangat berbagi!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar