Rabu, 11 Maret 2015

PERCAKAPAN (PELAJARAN 3)



PELAJARAN 3
MENGENAL DHOMIR (BAG-2)

DHOMIR MUTTASHIL bisa bersambung dengan ISIM, FI’IL, dan HURUF.

1. DHOMIR MUTTASHIL bersambung dengan ISIM.
Sekolah dia
مَدْرَسَتُهُ
Pena dia
قَلَمُهُ
Sekolah dia
مَدْرَسَتُهَا
Pena dia
قَلَمُهَا
Sekolah kamu
مَدْرَسَتُكَ
Pena kamu
قَلَمُكَ
Sekolah kamu
مَدْرَسَتُكِ
Pena kamu
قَلَمُكِ
Sekolah saya
مَدْرَسَتِيْ
Pena saya
قَلَمِيْ
Sekolah kami
مَدْرَسَتُنَا
Pena kami
قَلَمُنَا

            CATATAN:
1.      ISIM yang bersambung dengan DHOMIR MUTTASHIL menjadi MUDHOF, sedangkan DHOMIR MUTTASHIL menjadi MUDHOF ILAIH. (Namun INGAT, DHOMIR harokat akhirnya tetap!)
2.      ISIM yang bersambung dengan DHOMIR (يْ) harokat akhirnya harus DIKASROH.
HP saya
جَوَّالِيْ
Meja saya
مَكْتَبِيْ
Motor saya
جَوَّالَتِيْ
Perpustakaan saya
مَكْتَبَتِيْ


2. DHOMIR MUTTASHIL bersambung dengan FI’IL.
Dia menolongnya
يَنْصُرُهُ
Dia menolongnya
نَصَرَهُ
Dia menolongnya
يَنْصُرُهَا
Dia menolongnya
نَصَرَهَا
Dia menolongmu
يَنْصُرُكَ
Dia menolongmu
نَصَرَكَ
Dia menolongmu
يَنْصُرُكِ
Dia menolongmu
نَصَرَكِ
Dia menolong saya
يَنْصُرُنِيْ
Dia menolong saya
نَصَرَنِيْ
Dia menolong kami
يَنْصُرُنَا
Dia menolong kami
نَصَرَنَا
FI’IL MUDHORE
(SEDANG/AKAN)
FI’IL MADHI
(TELAH)


CATATAN:
1.      Setiap FI’IL yang bersambung dengan DHOMIR (يْ) harus pisahkan dengan HURUF NUN yang berharokat KASROH. HURUF NUN ini dinamakan dengan NUN WIQOYAH (نُوْنُ الْوِقَايَةِ), yaitu HURUF NUN yang menjaga agar FI’IL tidak berharokat KASROH, karena FI’IL tidak boleh diberi harokat kasroh.
Melihat saya
يَنْظُرُنِيْ
Melihat saya
نَظَرَنِيْ
Memuji saya
يَحْمَدُنِيْ
Memuji saya
حَمِدَنِيْ

2.      DHOMIR MUTTASHIL yang bersambung dengan FI’IL berkedudukan sebagai MAF’UL BIH.
فِي الْبَيْتِ كَلْبٌ وَ ضَرَبَهُ عَلِيٌّ بِالْمِكْنَسَةِ
Di rumah ada seekor anjing, dan Ali memukulnya dengan sapu



3. DHOMIR MUTTASHIL bersambung dengan HURUF.
Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa:
1.      Setiap kata yang bersambung dengan DHOMIR MUTTASHIL (يْ), maka harokat akhir kata itu harus diubah menjadi KASROH.
2.      Namun, jika HURUF yang bersambung dengan DHOMIR MUTTASHIL (يْ) berakhiran huruf YA(ي), maka DHOMIR MUTTASHIL (يْ) harus DIFATHAH dan diberi TASYDID (يَّ).
3.      Pada dasarnya DHOMIR MUTTASHIL harokat akhirnya tidak berubah alias tetap (MABNI). Namun, jika bersambung dengan beberapa huruf JAR, maka harokatnya bisa berubah karena menyesuaikan dengan HAROKAT HURUF JAR yang bersambung dengannya.
4.      Huruf JAR LI (لِ), jika bersambung dengan DHOMIR MUTTASHIL maka harokatnya berubah menjadi FATHAH (لَ).




JALAN TERMUDAH untuk memahami penjelasan di atas ialah dengan menghafal susunan kata berikut.
Padanya
فِيْهِ
Kepadanya
إِلَيْهِ
Darinya
مِنْهُ
Padanya
فِيْهَا
Kepadanya
إِلَيْهَا
Darinya
مِنْهَا
Padamu
فِيْكَ
Kepadamu
إِلَيْكَ
Darimu
مِنْكَ
Padamu
فِيْكِ
Kepadamu
إِلَيْكِ
Darimu
مِنْكِ
Pada saya
فِيَّ
Kepada saya
إِلَيَّ
Dari saya
مِنِّيْ
Pada kami
فِيْنَا
Kepada kami
إِلَيْنَا
Dari kami
مِنَّا

Tentangnya
عَنْهُ
Miliknya
لَهُ
Dengannya
بِهِ
Tentangnya
عَنْهَا
Miliknya
لَهَا
Dengannya
بِهَا
Tentangmu
عَنْكَ
Milikmu
لَكَ
Denganmu
بِكَ
Tentangmu
عَنْكِ
Milikmu
لَكِ
Denganmu
بِكِ
Tentang saya
عَنِّيْ
Milik saya
لِيْ
Dengan saya
بِيْ
Tentang kami
عَنَّا
Milik kami
لَنَا
Dengan kami
بِنَا

CATATAN PENTING:
Dhomir “هُوَ”, “هِيَ”, “ـهُ”, “ـهَا” bisa digunakan untuk benda hidup dan benda mati.
اَلْمَدْرَسَةُ كَبِيْرَةٌ. هِيَ مَدْرَسَةٌ جَمِيْلَةٌ. ذَهَبَ عَلِيٌّ إِلَيْهَا صَبَاحًا. هُوَ طَالِبٌ فِي الْمَدْرَسَةِ
Sekolah itu besar. Dia adalah sekolah yang indah. Ali pergi kepadanya pagi hari. Dia (Ali) adalah pelajar di sekolah itu.

LATIHAN:
1.      Gabungkan kata-kata berikut dengan DHOMIR MUTTASHIL!
أَمَرَ
حَمِدَ
نَصَرَ
أَخَذَ
وَضَعَ
بِ
فِيْ
عَلَى
إِلَى
مِنْ
جَوَّالٌ
قَلَمٌ
كِتَابٌ
جَوَّالَةٌ
مَدْرَسَةٌ
2.      Terjemahkanlah ke dalam bahasa Arab!
Pena saya
Sekolah saya
Buku saya
HP saya
Motor saya
Motor kamu
HP saya
Pena saya
Sekolah saya
Buku saya
Dari saya
Kepada saya
Pada saya
Dengan saya
Milik saya
Dia memukul saya
Dia menolong saya
Dia memuji saya
Dia menyuruh saya
Dia melihat saya
Dia memukulnya
Dia menolongnya
Dia memujinya
Dia menyuruhnya
Dia melihatnya
Dia memukulmu
Dia menolongmu
Dia memujimu
Dia menyuruhmu
Dia melihatmu

1 komentar: