Rabu, 11 Maret 2015

METODE BELAJAR



METODE BELAJAR

1.      LUANGKAN waktu –minimal- SATU JAM perhari untuk belajar BAHASA ARAB. Pilih waktu yang paling nyaman dan tidak boleh diganggu oleh kegiatan lain. Misalnya PAGI HARI atau MALAM HARI.
2.      SANGAT DISARANKAN, seminggu sekali (PADA WAKTU LIBUR) untuk meluangkan waktu –minimal- 3 JAM untuk belajar bahasa Arab. Waktu 3 JAM ini bisa digunakan untuk MENGULANG KEMBALI semua pelajaran yang sudah dipelajari selama SEMINGGU.
3.      BACA setiap materi minimal 3 KALI. BACA terus hingga benar-benar FAHAM. FOKUSKAN pada DEFINISI, CONTOH, & CATATAN/KETENTUAN.
4.      Beri PERHATIAN LEBIH pada setiap kata yang BERCETAK TEBAL atau yang DIBERI GARIS BAWAH.
5.      KERJAKAN SEMUA LATIHAN. Kerjakan LATIHAN tanpa melihat penjelasan di atasnya.
6.      JANGAN melanjutkan MATERI PELAJARAN jika MATERI SEBELUMNYA masih belum diFAHAMi. BACA terus hingga benar-benar FAHAM, baru kemudian melanjutkan MATERI berikutnya.
7.      UPAYAKAN untuk MEMBUAT RINGKASAN pada setiap MATERI yang dipelajari. GUNAKAN ringkasan yang dibuat untuk membantu MENGULANG PELAJARAN (MUROJA’AH).
8.      SEBISA mungkin untuk MENGHAFAL SETIAP KOSA KATA yang ada di setiap MATERI. Lebih BAGUS lagi dengan dituliskan dan dibuat KAMUS MINI yang berisi KOSA KATA yang ada di KITAB FAHIMNA.
9.      COCOKKAN KAIDAH yang sudah dipelajari  dengan AYAT-AYAT AL-QUR’AN dan HADITS. CERMATI HAROKAT & KEDUDUKAN setiap KATA yang ada di dalam AL-QUR’AN & AL-HADITS.
10.  JANGAN tergesa-gesa untuk BERPINDAH KE KITAB TINGKATAN yang lebih tinggi, jika MATERI di KITAB sebelumnya belum SEPENUHNYA DIFAHAMI.
11.  JIKA sudah menyelesaikan semua materi dalam SATU KITAB, sebelum berpindah, BACA KEMBALI materi dari awal. Insya Allah akan semakin memperbagus pemahaman.
12.  DISARANKAN untuk TIDAK MEMBACA kitab PANDUAN KAIDAH bahasa Arab yang lain. FOKUSKAN SAJA pada KITAB FAHIMNA terlebih dahulu agar perhatian tidak perpecah.
13.  GUNAKAN kamus jika menemui KATA yang belum diketahui artinya.
14.  Saat masih di TINGKAT DASAR, FOKUSKAN pada HAFALAN POLA KATA dalam ILMU SHOROF. HAFALKAN SEMUA POLA dengan baik. SANGAT DISARANKAN untuk BERLATIH MENULISKANNYA JUGA.
15.  JIKA masih ada MATERI yang BELUM JELAS di SERIAL KITAB FAHIMNA, silakan ajukan pertanyaan ke: http://kitabfahimna.blogspot.com.
16.  LEBIH BAGUS jika ada TEMAN yang bisa diajak BELAJAR BERSAMA. KHUSUSNYA saat MENGERJAKAN SOAL LATIHAN.
17.  AJARKAN ilmu yang sudah didapat dan difahami dengan baik kepada orang lain yang ingin belajar bahasa Arab juga. Atau DISKUSIKAN kepada sesama teman yang belajar bahasa Arab.
18.  SENANTIASA memohon kepada Allah Subahanhu wa Ta’ala agar diberi KEMUDAHAN dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar