Selasa, 31 Maret 2015

# PEKAN KE-1 MATERI 2 (ILMU NAHWU)



<<<>>> MENGENAL KATA<<<>>>



DENGARKAN REKAMANNYA DI YOUTUBE:
 
-----oOo----- 

Literatur berbahasa Arab, seberapa pun tebalnya, sebenarnya hanya tersusun dari KATA. Kata demi kata disusun menjadi KALIMAT. Kalimat demi kalimat disusun menjadi PARAGRAF. Dan paragraf demi paragraf disusun menjadi TULISAN yang berlembar-lembar banyaknya.

Oleh karena itu, jika kita ingin memahami sebuah tulisan berbahasa Arab atau ingin bisa membuat tulisan berbahasa Arab, terlebih dahulu kita harus fahami apa itu KATA.


>>> Pengertian KATA

KATA bahasa Arabnya adalah

Minggu, 29 Maret 2015

KUNCI JAWABAN LATIHAN PEKAN PEMANASAN



KUNCI JAWABAN LATIHAN PEKAN PEMANASAN

<<<MATERI 2>>>

>>> PERTANYAAN:
Berdasarkan penjelasan di atas, bisakah Antum menjelaskan: Kenapa kita harus belajar ILMU NAHWU & ILMU SHOROF terlebih dahulu jika kita ingin memahami literatur berbahasa Arab?

>>> JAWABAN:
Sebab literatur berbahasa Arab itu isinya adalah susunan KALIMAT. Sedangkan untuk bisa memahami KALIMAT dalam bahasa Arab, kita harus memahami ILMU NAHWU & SHOROF terlebih dahulu. Oleh karena itu, kita harus belajar ILMU NAHWU & ILMU SHOROF terlebih dahulu jika ingin memahami literatur berbahasa Arab


<<<MATERI 3>>>
>>> PERTANYAAN
Masukkan ALIF-LAM kepada kata-kata berikut!
1.      JAWWALUN (جَوَّالٌ): Hand Phone (HP)
2.      THOBIIBUN (طَبِيْبٌ): Dokter.
3.      KITAABUN (كِتَابٌ): Kitab.
4.      WALADUN (وَلَدٌ): Anak laki-laki.
5.      LAILUN (لَيْلٌ): Malam.

>>> JAWABAN

# PEKAN 1 MATERI 1 (KOSAKATA MINGGUAN)



<<<>>>[(KOSAKATA MINGGUAN)]<<<>>>

 

HAFALKAN kosakata berikut beserta artinya!

Jumat, 27 Maret 2015

RANGKUMAN PEKAN PEMANASAN & TUGAS



Alhamdulillah semua materi pekan pemanasan sudah disampaikan. Semoga bisa difahami dengan baik.

Bagi yang baru bergabung, silakan baca materi lengkapnya lewat:

Dari materi (1-4) yang sudah disampaikan, saya sarankan kawan-kawan fokus pada:
1.      Pengertian ILMU NAHWU & ILMU SHOROF.
2.      Pengertian HURUF JAR.
3.      Cara penulisan kata yang ber-ALIF LAM.
4.      Cara penulisan kata yang berharokat FATHATAIN.
5.      Cara penyambungan huruf “LI” dengan kata yang beralif-lam.


>>> TUGAS AKHIR PEKAN
Agar kawan-kawan semakin faham dengan materi yang sudah diberikan, saya minta sekarang

Kamis, 26 Maret 2015

# PEKAN PEMANASAN 4 (PENGETAHUAN UMUM 2)





Dengarkan rekamannya di YOUTUBE:



<<<>>> MATERI UTAMA<<<>>>

Agar kegiatan belajar kita menjadi mudah, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan pahami terlebih dahulu.


>>> Huruf LI (ﻝِ) + KATA BER-ALIF LAM

Huruf “ﻝِ” (arti: untuk) jika bergabung dengan kata yang beralif-lam, maka huruf alif yang ada di awal kata itu dibuang.

Contoh:

LILLAAHI (لِلَّهِ), berasal dari: LI (لِ) + ALLAH (الله). Lihat QS. Al-Fatihah (1) ayat 2.


>>> TA MARBUTHOH () & TA MAFTUHAH ()

Huruf TA ada dua bentuk:

# PEKAN PEMANASAN 4 (PENGETAHUAN UMUM 2)





Dengarkan rekamannya di YOUTUBE:



<<<>>> MATERI UTAMA<<<>>>

Agar kegiatan belajar kita menjadi mudah, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan pahami terlebih dahulu.


>>> Huruf LI (ﻝِ) + KATA BER-ALIF LAM

Huruf “ﻝِ” (arti: untuk) jika bergabung dengan kata yang beralif-lam, maka huruf alif yang ada di awal kata itu dibuang.

Contoh:

LILLAAHI (لِلَّهِ), berasal dari: LI (لِ) + ALLAH (الله). Lihat QS. Al-Fatihah (1) ayat 2.


>>> TA MARBUTHOH () & TA MAFTUHAH ()

Huruf TA ada dua bentuk:

Rabu, 25 Maret 2015

MUROJA’AH MATERI 1-3 PEKAN PEMANASAN



>>> TUGAS
BACA & DENGARKAN kembali materi 1-3 di PEKAN PEMANASAN.

Materi bisa dibaca di:


Setelah benar-benar faham, kerjakan latihan berikut sesuai kemampuan. Tulis jawaban dikolom komentar agar saya bisa melihat sejauh mana tingkat pemahaman kawan-kawan terhadap materi yang sudah diberikan.

>>> LATIHAN

Selasa, 24 Maret 2015

# PEKAN PEMANASAN 3 (PENGETAHUAN UMUM 1)



PENGETAHUAN UMUM 1




<<<>>> MATERI UTAMA<<<>>>

Agar kegiatan belajar kita menjadi mudah, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan pahami terlebih dahulu.


>>> Mengenal HURUF HIJAIYYAH (ALFABET)

Huruf Hijaiyyah (اَلْحُرُوْفُ الْهِجَائِيَّةُ) ada 29, yaitu:

ﺍ ﺏ ﺕ ﺙ ﺝ ﺡ ﺥ ﺩ ﺫ ﺭ ﺯ ﺱ ﺵ ﺹ ﺽ ﻁ ﻅ ﻉ ﻍ ﻑ ﻕ ﻙ ﻝ ﻡ ﻥ ﻭ ﻫ ﺀ ﻱ

>>> ALIF-LAM VS TANWIN

Sebuah kata yang diawali ALIF-LAM (ﺍﻝ) tidak boleh ditanwin. Sebab, ALIF-LAM dan TANWIN TIDAK BOLEH bergabung dalam satu kata. Jika dalam satu kata sudah terdapat alif-lam, maka kata itu tidak boleh ditanwin. Begitupun sebaliknya.

Contoh:

Senin, 23 Maret 2015

# PEKAN PEMANASAN 2 (MENGENAL NAHWU & SHOROF)


MENGENAL ILMU NAHWU & ILMU SHOROF



<<<>>> MATERI UTAMA<<<>>>

MENGENAL ILMU NAHWU & ILMU SHOROF

Jika kita ingin bisa memahami literatur berbahasa Arab (Al-Qur’an, hadits, kitab ulama, dll.), maka terlebih dahulu kita harus belajar ILMU NAHWU & ILMU SHOROF.

>>> Pengertian ILMU NAHWU

Ilmu NAHWU adalah ilmu yang mempelajari 3 HAL:

# PEKAN PEMANASAN 1 (KOSAKATA MINGGUAN)



<<<>>>[(KOSAKATA MINGGUAN)]<<<>>>





HAFALKAN kosakata berikut beserta artinya!

>>> HURUF

1.      MIN (مِنْ): Dari.
2.      ILAA (إِلَى): Ke.
3.      ‘ALAA (عَلَى): Di atas.
4.      FII (فِيْ): Di.
5.      BI (بِ): Dengan.
6.      LI (لِ): Untuk.

CATATAN TAMBAHAN:

Minggu, 22 Maret 2015

MATERI PELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE VIA FESBUK




 Secara umum, materi pelatihan dibagi menjadi 2 KELOMPOK:

>>> MATERI UTAMA

MATERI UTAMA akan dibuat se-RINGKAS mungkin dan insya Allah mudah untuk difahami. MATERI UTAMA bisa dibaca langsung di fesbuk lewat postingan yang dipusatkan di FP “Pelatihan Bahasa Arab ONLINE”.

MATERI UTAMA akan diberikan dalam dua bentuk, yaitu:
1.      KAIDAH NAHWU-SHOROF.
2.      MUFRODAT MINGGUAN.


MATERI UTAMA ini

Rabu, 18 Maret 2015

PELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE VIA FESBUK

# TAHAP PERSIAPAN

Sebelum pelatihan dimulai, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan kepada para peserta semua. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kelancaran belajar kita nantinya.

>>> KUNCI SUKSES DALAM BELAJAR BAHASA ARAB

Jika kita ingin meraih SUKSES dalam belajar bahasa Arab, maka minimal kita harus memiliki 2 HAL:

TATA TERTIB PELATIHAN BAHASA ARAB VIA FESBUK

TATA TERTIB PELATIHAN BAHASA ARAB VIA FESBUK

https://www.facebook.com/pages/Pelatihan-Bahasa-ARAB-Online/577685305701247?ref=bookmarks

Berikut ini tata tertib dan beberapa hal yang perlu untuk kita semua perhatikan demi kelancaran acara pelatihan yang sebentar lagi akan kita laksanakan:

Selasa, 17 Maret 2015

PELATIHAN BAHASA ARAB ONLINE VIA FESBUK (GAMBARAN UMUM)


 
>>> Latar Belakang

Sekarang ini pemilik akun fesbuk sangatlah banyak. Jutaan jumlahnya. Namun sayang, banyak yang menggunakannya untuk hal yang sia-sia  bahkan mengundang dosa. Tidak sedikit saya lihat fesbuk dijadikan sarana untuk: debat kusir, saling mencela, main-main, pacaran, dll.

Oleh karena itu, dalam rangka memalingkan para pengguna fesbuk dari  perkara yang sia-sia menuju perkara yang bermanfaat untuk dunia-akhirat, dibuatlah pelatihan bahasa Arab ini.

>>> Target

Target yang ingin dicapai disesuaikan dengan

Minggu, 15 Maret 2015

CATATAN BAHASA ARAB (EPISODE 2)



Catatan sebelumnya bisa dibaca di SINI

==========================>
Mengenal INNAMA (إنما) Lebih Dekat

INNAMA (إنما) berasal dari gabungan DUA HURUF: INNA (إن) & MAA (ما).
>>> INNA (إن) adalah huruf TAUKID & NASHOB. Fungsinya adalah me-NASHOBkan MUBTADA & me-ROFA’kan KHOBAR. MUBTADA yang kemasukkan INNA disebut ISIM INNA, dan KHOBARnya disebut KHOBAR INNA.

Contoh:

إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ

“Sesungguhnya Allah itu Maha Indah”

>>> MAA (ما) adalah huruf ZAIDAH KAFAH (الزائده الكافة), yaitu huruf TAMBAHAN yang membatalkan amalan INNA. Sehingga apabila INNA bersambung dengan MAA ZAIDAH KAFAH ini, maka amalannya menjadi batal. JUMLAH ISMIYYAH yang terletak didepannya tetap dikatakan MUBTADA & KHOBAR. Bukan ISIM INNA & KHOBAR INNA.

إِنَّمَا الْعِلْمُ بِالتَّعَلُّمِ

“Hanyalah ilmu itu didapat dengan belajar”.

CATATAN TAMBAHAN:
1.      INNAMA tidak memberi pengaruh terhadap I’ROB (Perubahan bangunan akhir sebuah kata). Namun, dia hanya memberi pengaruh terhadap MAKNA kalimat yang dimasukinya.
2.      INNAMA bisa memberi makna PEMBATASAN (الحصر) terhadap kalimat di depannya. Biasa diterjemahkan dengan “HANYALAH”.

Contoh:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

“Hanyalah amal-amal itu bersama niat”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3.      INNAMA juga bisa masuk kepada JUMLAH FI’LIYYAH.

Contoh:

إِنَّمَا يَخْشَى اللهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama…””. (QS.  Fathir [35]: 28)

4.      MAA ZAIDAH KAFAH ditulis bersambung dengan INNA untuk membedakannya dengan MA berupa ISIM MAUSHUL.

Contoh:

إِنَّ مَا تَقُوْلُ هُوَ الصِّدْقُ

“Sesungguhnya yang engkau katakana adalah kebenaran”

إِنَّ مَا تُوعَدُونَ لَأَتٍ

“Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang…”. (QS. Al-An’aam [6]: 134)


Demikian saja. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.


(Muhammad Mujianto al-Batawie)

# Sumber: Buku "Menyelami Samudera Huruf: Mengenal Variasi Makna & Fungsi Huruf dalam Bahasa Arab" (Sedang dalam proses penyelesaian)