Senin, 31 Januari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (8)

 📒 KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (8)



✍️ BERTEMU BUKU SAKTI (1)


Setelah hampir setahun belajar bahasa Arab di Wisma As-Sunnah, saya belum juga bisa bahasa Arab. Masih terasa gelap.  Belum kepegang dasarnya.


Namun, saya tidak menyerah. Malah saya jadi semakin penasaran. Saya pun berniat untuk belajar sendiri selama liburan panjang.


Waktu itu,

setelah ujian akhir semester genap, IPB libur panjang. Sekitar dua bulanan. Untuk mahasiswa tingkat tiga, biasanya waktu libur digunakan untuk Praktek Lapang (PL) atau Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sedangkan mahasiswa tingkat akhir biasanya sedang penelitian atau persiapan sidang skripsi.


Ketika tinggal di Wisma As-Sunnah, saya berada di tingkat dua kuliah. Biasanya, mahasiswa tingkat satu dan dua memanfaatkan waktu liburan panjang untuk pulang ke kampung masing2. Termasuk saya.


Sebelum pulang, saya siapkan kitab2 yang akan saya pelajari saat di rumah. Ada yang hasil beli di toko dan ada yang hasil fotokopi punya teman. 


Seingat saya, kitab yang sudah saya siapkan waktu itu adalah: Al-Muyassar fi Ilmin Nahwi, Mukhtarat, Terjemah Ajurrumiyyah, Nahwu Praktis, Amtsilatul Jumal (Kitab I'rob terbitan Gontor, 2 jilid), DLL (Dan Lupa Lagi) 😄


*****


Sebelum pulang ke rumah, waktu itu saya jadi panitia acara pesantren kilat di daerah Ciapus Bogor. Acaranya sekitar 10 harian. 


Saat acara berlangsung, saya diutus untuk mencari dana ke sebuah yayasan Islam yang berlokasi di daerah Lenteng Agung Jakarta Selatan. Saya pun berangkat ke sana dengan seorang kawan saya. Kami naik kareta dari stasiun Bogor hingga stasiun Lenteng Agung.


Sesampainya di Stasiun Lenteng Agung, saat sedang menyusuri jalan keluar stasiun, saya melewati pedagang buku2 bekas. Mata saya tertuju pada dua buah buku bahasa Arab. 


Buku yang pertama judulnya "Fighul Lughah 2", dan buku yang kedua berjudul "Kitabut Tashrif 1-3". Kitabut Tashrif full bertuliskan bahasa Arab. Sedangkan Fughul Lughah ada bahasa Indionesianya sedikit.


Saya pun tertarik membeli kedua buku ini. Entah berapa harganya waktu itu, saya lupa.


Saat sedang istirahat di sebuah masjid, saya buka2 kedua buku ini.


"Waduh, bahasa Arab semua! Gimana bacanya?", pikir saya waktu itu. 


Tapi, saya bertekad untuk  mempelajarinya nanti di saat liburan.


Bersambung...


@MuhammadMujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar