Rabu, 26 Januari 2022

BELAJAR BUTUH MODAL

 ✊MOTIVASI BELAJAR✊



✏BELAJAR BUTUH MODAL


Belajar butuh modal. Kata Imam Syafi'i rahimahullah, untuk meraih kesuksesan dalam belajar, kita butuh bekal. 


Kita bisa lihat ulama zaman dahulu. Mereka rela berkorban harta yang banyak untuk bekal belajar. Mereka keluarkan uang banyak untuk melakukan perjalanan menuntut ilmu, membeli alat tulis, membeli kitab, dll.


Kita juga bisa tanya kepada

orang-orang yang telah sukses dalam belajar. Coba tanyakan kepada para Ustadz. Saya yakin, mereka semua telah menghabiskan banyak harta untuk bekal belajar. Tidak hanya mengandalkan yang gratisan. 


Saya sendiri, untuk meraih kemampuan bahasa Arab seperti yang saya punya sekarang ini, sudah banyak uang yang saya keluarkan. 


Belum lama, saya ikut training bahasa Arab selama 2 BULAN yang biayanya melebihi biaya saya ngontrak rumah selama 2 TAHUN!


Waktu itu, saya ngontrak rumah selama 2 TAHUN biayanya sebesar 15 JUTA. Tapi, saya ikut pelatihan bahasa Arab selama 2 BULAN biayanya 16.7 JUTA !


Padahal, waktu itu uang saya cuma belasan juta. Itupun akan saya pakai untuk biaya hidup sehari-hari dan menggaji karyawan.


Tapi, karena saya butuh ilmu yang ada dalam pelatihan, saya tetap ikut. Saya coba berbagai cara yang halal untuk mendapatkan uang sebagai bekal ikut pelatihan.


Waktu itu, saya coba menulis buku baru. Saya juga buka pelatihan bahasa Arab yang berbayar. 


Alhamdulillah, akhirnya saya bisa mengikuti pelatihan itu sampai selesai. Meskipun bayarnya harus mencicil.



Jadi, intinya...


Kalau ingin sukses dalam belajar, jangan pernah sayang mengeluarkan uang untuk bekal belajar. Jangan hanya menunggu  datang yang gratisan. 


Kita harus mau berkorban harta.  Disamping kita juga berusaha sungguh2 dalam belajar, dan senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar diberi kemudahan dalam belajar.


FAHIMTUM?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar