Sabtu, 29 Januari 2022

KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (2)

 📒 KISAH PENGALAMAN HIDUP: AKU & BAHASA ARAB (2)



✍️ PONDOK ASRI AL-QUDWAH 


Sudah saya sampaikan pada kisah sebelumnya bahwa dari SMA, ada 4 orang yang diterima di IPB, termasuk saya. Semua kawan saya kuliah di kampus IPB Baranangsiang, sedangkan saya sendiri kuliah di kampus IPB Dramaga.


Waktu itu, saya tidak kenal siapa2 di Dramaga. Namun, ketika sedang berada di kampus IPB Baranangsiang, saya bertemu dengan seorang mahasiswa senior di IPB.


"Saya punya kawan di Dramaga, kosnya di Wisma Al-Qudwah....", katanya kepada saya waktu itu.


Berbekal informasi ini, saya pun coba untuk mencari kos-kosan mahasiswa dengan nama ini. 


Ternyata, lokasi Wisma Al-Qudwah tidak jauh dari pangkalan angkot Kampus Dalam IPB Dramaga. Sekitar 50 meteran.


Saya lihat, di depannya ada papan nama bertuliskan "Pondok Asri Al-Qudwah". Bangunannya tingkat dua. Berbentuk U. Di tengahnya ada taman kecil. Kalau tidak salah, ada sekitar 20-an kamar. Masing2 kamar diisi oleh 2 mahasiswa. Hanya ada beberapa kamar yang hanya diisi oleh 1 mahasiswa. 


Rupanya, pondok ini adalah "Rumah Binaan". Kenapa disebut demikian? 


Karena, selain untuk tempat tinggal, pondok ini memiliki program keislaman untuk membina para penghuninya agar menjadi mahasiswa Muslim yang baik dan taat. 


Yang menjadi pembina secara umum adalah para mahasiswa senior tingkat 3 dan 4. Ada juga yang dari alumni. 


Jadi, hampir setiap hari ada kajian keislaman. Kadang pagi ba'da Subuh dan kadang malam ba'da Isya. Kadang digabung di aula pondok, dan kadang dibagi kelompok.


Seingat saya waktu itu, pembinaan yang ada seputar: aqidah, fikih, dan bahasa Arab. 


Naah...


Di sinilah pertama kali saya berkenalan dengan bahasa Arab.


Mau tahu bagaimana cara pembelajarannya?


Tunggu kisah selanjutnya 😄


Bersambung...



@Muhammad Mujianto

1 komentar: