Sabtu, 23 Juli 2022

PENTING!!! TIPS LUNAS HUTANG

 


๐Ÿ“’ LAGI2 HUTANG... (TIPS LUNAS HUTANG)


Belum lama istri saya cerita. Katanya, ada temannya yang dipinjami uang. Janji akan dikembalikan sekian hari, tapi ingkar. Sekian bulan belum juga dibayar. Padahal, gaya hidup orang yang berhutang menunjukan seakan-akan dia itu orang yang punya banyak uang.


Saya nggak heran dengan hal ini. Banyak cerita saya dengar, orang yang lupa akan hutangnya. Janji mau bayar tidak ditepati. Ditagih malah marah2.


Ada juga cerita, orang yang berhutang enak2an pergi jalan2 dan makan makanan yang mewah (Udah gitu, pakai acara update status segala di media sosial ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ก), sementara orang yang dipinjami uang, hidupnya sederhana apa adanya ๐Ÿ˜ญ


Yaah....


Demikianlah realitanya!


*****


Tapi begini. Ngomong2 masalah hutang, saya pernah juga pengalaman punya hutang. Bagi saya, lumayan banyak waktu itu. Totalnya sampai belasan juta!


Tapi, alhandulillah, akhirnya bisa lunas juga. Bagaimana caranya?


Begini tipsnya...


Eh, sebelumnya, saya ingin memberi nasihat kepada diri saya dan kita semua: SEBISA MUNGKIN JANGAN BERHUTANG!


Ya, sebisa mungkin jangan berhutang. Apalagi untuk hal2 yang sifatnya tidak penting2 banget. 


Tapi, kalau memang terpaksa harus berhutang, maka lakukanlah hal2 berikut:


1️⃣ NIAT MEMBAYAR

Ya, berhutanglah untuk niat membayar. Bukan dengan harapan supaya orang yang minjamin uang lupa atau mengikhlaskan. 


Insya Allah, jika kita punya niat yang tulus untuk membayar, maka Allah Subhanahu wa Ta'ala akan membantu kita.


Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:


ู…َู†ْ ุฃَุฎَุฐَ ุฏَูŠْู†ًุง ูˆَู‡ُูˆَ ูŠُุฑِูŠุฏُ ุฃَู†ْ ูŠُุคَุฏِّูŠَู‡ُ ุฃَุนَุงู†َู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ


“Siapa yang berhutang, lantas ia bertekad untuk melunasinya, maka Allah akan menolongnya.” (HR. An-Nasa’i)


2️⃣ CATAT!

Ya, catat semua hutang2 kita. Catat yang rapi di buku tulis. 


Kalau perlu catat di selembar kertas, kemudian tempel di tempat yang sering kita lihat. Supaya dengan begitu, kita selalu ingat dan termotivasi untuk segera melunasinya.


Ingat! Hutang kita akan ditagih di akhirat jika tidak kita lunasi di dunia!


3️⃣ CICIL

Ya, sebisa mungkin kita cicil hutang kita. Sedikit tidak masalah. Hal ini menjadi bukti juga bahwa kita memang serius untuk melunasi hutang. Semoga dengan begitu, kita akan segera dibantu Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk melunasinya.


Dulu, saya biasa mencicil hutang. Semampunya. Bahkan, bukti transfer bayar hutang saya kumpulkan sebagai arsip. Saat lunas, bukti transfer itu saya kirim ke teman yang telah meminjami saya uang plus saya kasih bingkisan sebagai tanda terima kasih.


4️⃣ JALIN HUBUNGAN BAIK

Ya, jalin hubungan baik dengan orang yang sudah memberi kita pinjamam uang. Jangan malah kabur dan menghilang.


Seharusnya, kita balas kebaikan dia dengan kebaikan juga. Minimal dengan prilaku dan sikap kita yang baik kepadanya.


Jangan sampai, air susu dibalas dengan air comberan!


Saya dulu sering SMS ke teman2 yang telah meminjami saya uang. Entah berapa kali saya kirim SMS yang isinya:


"Afwan, belum bisa bayar hutang sekarang....".


Saya juga masih biasa ngobrol dengan sebagian teman yang meminjami saya uang. Saat ketemu di masjid, selepas shalat, kami masih bisa ngobrol santai di teras masjid. 


5️⃣ SEMANGAT MENCARI REZEKI

Lakukanlah berbagai upaya untuk mencari rezeki. Lakukan dengan semangat. Apalagi jika hutang kita banyak. Kita bisa kerja ke orang, bisnis, jual jasa, dll. 


Saya dulu, siang-malam di depan laptop ngetik naskah buku untuk diterbitkan. Alhamdulillah, jadi juga 10 JILID SERIAL FAHIMNA (Lihat bukunya di SINI).


Meskipun dijual dalam bentuk fotokopian dan harganya lumayan mahal, namun alhamdulillah dengan izin Allah, buku laku. Banyak yang beli. Akhirnya, saya pun bisa melunasi semua hutang dari keuntungan menjual buku.


Ingat selalu dengan perkataan: MAN JADDA WAJADA!


Siapa yang sungguh2, maka dia akan berhasil!


6️⃣ BANYAK BERDO'A

Saat saya masih punya banyak hutang, setiap hari saya berdoa agar hutang saya segera lunas. Dalam sujud saya selalu ucapkan doa perlindungan dari jeratan hutang.


Alhamdulillah, secara bertahap, satu demi satu hutang saya bisa lunas!


Berikut ini doa yang bisa kita baca: 


ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠْ ุฃَุนُูˆْุฐُ ุจِูƒَ ู…ِู†َ ุงู„ْู‡َู…ِّ ูˆَุงู„ْุญَุฒَู†ِ ูˆَุงู„ْุนَุฌْุฒِ ูˆَุงู„ْูƒَุณَู„ِ ูˆَุงู„ْุฌُุจْู†ِ ูˆَุงู„ْุจُุฎْู„ِ  ูˆَุถَู„َุนِ ุงู„ุฏَّูŠْู†ِ ูˆَุบَู„َุจَุฉِ ุงู„ุฑِّุฌَุงู„ِ


“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan kesedihan, dari kelemahan

dan kemalasan, dari sifat penakut dan kikir, dari lilitan hutang dan penindasan orang.” (HR. Bukhari)


ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّู‰ ุฃَุนُูˆุฐُ ุจِูƒَ ู…ِู†َ ุงู„ْู…َุฃْุซَู…ِ ูˆَุงู„ْู…َุบْุฑَู…ِ


"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan jeratan utang". (HR. Bukhari dan Muslim)


Dan masih ada doa lainnya.


*****


Terakhir, saya nasihatkan untuk diri saya sendiri dan kita semua: Janganlah kita menganggap remeh masalah hutang. Jangan sampai, hutang menjadi penyebab kesengsaraan kita di akhirat.


ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ، ุนَู†ِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚َุงู„َ ‏ “‏ ู†َูْุณُ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِ ู…ُุนَู„َّู‚َุฉٌ ุจِุฏَูŠْู†ِู‡ِ ุญَุชَّู‰ ูŠُู‚ْุถَู‰ ุนَู†ْู‡ُ


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam beliau bersabda : Jiwa seorang mukmin itu terkatung-katung dengan sebab utangnya sampai utang dilunasi." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, dll.)


Imam al-Munรขwi rahimahullah berkata, “Jiwa seorang mukmin, maksudnya: ruhnya terkatung-katung setelah kematiannya dengan sebab utangnya. Maksudnya, ia terhalangi dari kedudukan mulia yang telah disediakan untuknya, atau (terhalang) dari masuk surga bersama rombongan orang-orang yang shalih.”


Syaikh al-‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Yakni, jiwanya ketika di dalam kubur tergantung pada utang atas dirinya seakan-akan –wallaahu a’lam– merasa sakit karena menunda penyelesaian utangnya. Dia tidak merasa gembira dan tidak lapang dada dengan kenikmatan untuknya karena dirinya masih mempunyai kewajiban membayar utang. Oleh karena itu kita katakan: Wajib atas para ahli waris untuk segera dan mempercepat menyelesaikan utang-utang si mayit."


(Baca penjelasan lengkap haditsnya di: https://almanhaj.or.id/12084-ruh-seorang-mukmin-terkatung-katung-tertahan-pada-utangnya-hingga-dilunasi.html)


Semoga tulisan ini bermanfaat.


Semoga kita semua terhindar dari jeratan hutang. 


ุขู…ูŠู† ูŠุง ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†


Wallahu a'lam bish shawab.


✍️MuhammadMujianto


๐Ÿ“’ BAHAN BACAAN

๐Ÿ’ฆ https://rumaysho.com/12991-allah-akan-menolong-orang-yang-berutang.html]

๐Ÿ’ฆ https://yufidia.com/5848-doa-berlindung-dari-kemalasan-seri-kedua.html]

๐Ÿ’ฆhttps://rumaysho.com/10221-doa-minta-kaya-dan-lepas-dari-utang.html]

๐Ÿ’ฆhttps://almanhaj.or.id/12084-ruh-seorang-mukmin-terkatung-katung-tertahan-pada-utangnya-hingga-dilunasi.html

1 komentar: