Sabtu, 30 Juli 2022

MENERBITKAN BUKU ITU GAMPANG!

 


 

BAB 9

BAGAIMANA SAYA MEMBUAT PENERBITAN BUKU?


Sudah tiga kali saya membuat penerbitan buku. Berikut ini nama-namanya:


  • PUSTAKA LAKA

  • KAMPUS DALAM PRESS

  • FAHIMNA PUBLISHING


Insya Allah, akan saya ceritakan nanti.


Saya ingin sampaikan di sini bahwa sebenarnya membuat penerbitan buku itu gampang. Yang penting kita punya tiga hal:


  • Naskah siap cetak (sudah dilayout rapi)

  • Cover buku

  • Uang untuk cetak buku


Nah, tiga hal ini saja! Gampang, kan?


Kalau dulu, saat awal-awal buat penerbitan buku, yang paling susah menurut saya adalah mencari uang untuk mencetak buku. Sebab biayanya lumayan mahal. Untuk mendapatkan ongkos cetak murah, kita harus mencetak paling tidak 2000-3000 eksemplar buku perjudul.


Misalnya saja, satu buku ongkos cetaknya Rp. 10.000. Maka kita butuh uang sebanyak Rp. 20.000.000 untuk bisa mencetak 2000 eksemplar buku.


Alhamdulillah, sekarang sudah dipermudah, Ada jasa Digital Printing. Kita bisa mencetak satu buku saja dengan kualitas yang cukup bagus. Tidak jauh beda kualitasnya dengan hasil cetak dari percetakan besar.


Atau, kita bisa juga membuat buku di tukang fotokopian. Buku difotokopi dan dijilid sederhana. Cara ini pernah saya lakukan saat awal membangun FAHIMNA PUBLISHING. Alhamdulillah, buku laku. Insya Allah, saya akan ceritakan nanti.


Jadi begitu!


Membuat penerbitan buku itu mudah, insya Allah.


Sekarang, saya akan ceritakan kisah penerbitan buku yang pernah saya buat.


Semangat menyimak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar