Jumat, 24 April 2015

# PEKAN KE-4 MATERI 3 (MENGENAL KHOBAR LEBIH DEKAT)




  <<<>>> MENGENAL KHOBAR LEBIH DEKAT <<<>>>

Pada PEKAN 3 MATERI 2 telah dijelaskan bahwa KHOBAR adalah ISIM NAKIROH yang menjadi PELENGKAP MUBTADA. Contoh-contohnya bisa dilihat kembali di sana.

Namun, selain berupa SATU KATA, KHOBAR juga bisa berupa RANGKAIAN KATA. Intinya: SEGALA SESUATU yang bisa memberitakan mubtada dan bisa bergabung bersama mubtada untuk membentuk KALIMAT SEMPURNA (JUMLAH ISMIYYAH) maka bisa dinamakan sebagai KHOBAR.

Perhatikan contoh-contoh berikut:

اَلطَّالِبُ فِي الْفَصْلِ

ATH-THOOLIBU FIL FASHLI
(Siswa itu berada di dalam kelas)

اَلطَّالِبُ يَقْرَأُ الْكِتَابَ

ATH-THOOLIBU YAQRO-UL KITAABA
(Siswa itu sedang membaca kitab)

اَلطَّالِبَةُ تَجْلِسُ عَلَى الْكُرْسِيِّ

ATH-THOOLIBATU TAJLISU ‘ALAL KURSIYI
(Siswi itu sedang duduk di atas kursi)


PENJELASAN KEDUDUKAN KATA:

>>> Pada kalimat PERTAMA:

-          ATH-THOOLIBU (الطالب): MUBTADA
-          FIL-FASHLI (في الفصل): KHOBAR
-          AL-FASHLI (الفصل): MASBUQ BI HARFIL JAR

>>> Pada kalimat KEDUA:

-          ATH-THOOLIBU (الطالب): MUBTADA
-          YAQRO-UL KITAABA (يقرأ الكتاب): KHOBAR
-          AL-KITAABA (الكتاب): MAF’UL BIH.

>>> Pada kalimat KETIGA:

-          ATH-THOOLIBATU (الطالبة): MUBTADA
-          TAJLISU ‘ALAL KURSIYI (تجلس على الكرسي): KHOBAR
-          AL-KURSIYYI (الكرسي): MASBUQ BI HARFIL JAR


Semoga bermanfaat.

Fahimtum?



<<<>>> LATIHAN<<<>>>

BACA baik-baik cerita pendek berikut!

اَلْبَيْتُ كَبِيْرٌ. يَسْكُنُ زَيْدٌ فِي الْبَيْتِ. زَيْدٌ فِي الْغُرْفَةِ. زَيْدٌ يُشَاهِدُ التِّلْفَازَ.

PERTANYAAN:
1.      Terjemahkan cerita pendek di atas! (Boleh buka kamus)
2.      Ada berapa KHOBAR pada cerita pendek di atas? Sebutkan!
3.      Sebutkan semua ISIM pada cerita di atas beserta KEDUDUKANNYA!


<<<>>> TUGAS ANTUM<<<>>>
1.      Klik “LIKE” selesai Antum membaca postingan ini.
2.      SHARE sebanyak-banyaknya postingan ini (minimal ke akun Antum masing).
3.      CATAT materi di atas di dalam buku catatan masing-masing.
4.      BACA materi di atas secara berulang-ulang hingga FAHAM.
5.      Kerjakan latihan di buku, FOTO, kemudian UPLOAD foto di kolom komentar.


Bogor, Kamis pagi 23 April 2015

Muhammad Mujianto al-Batawie







Tidak ada komentar:

Posting Komentar