Kamis, 02 April 2015

# PEKAN KE-1 MATERI 3 (ILMU NAHWU: MEMBEDAKAN KATA)



<<<>>> MEMBEDAKAN ISIM, FI’IL, & HURUF <<<>>>



DENGARKAN REKAMANNYA DI YOUTUBE
-----oOo-----
ISIM, FI’IL, & HURUF mempunyai POSISI/TEMPAT yang khsusus dalam sebuah kalimat. Kita tidak bisa menempatkannya sembarangan. Ada rumusnya. Oleh karena itu, kita harus bisa membedakan ISIM, FI’IL, & HURUF agar bisa menempatkannya dengan benar dalam sebuah kalimat.

Berikut ini 4 CARA yang bisa kita gunakan dalam membedakan ISIM, FI’IL, & HURUF:


>>> CARA 1: Buka KAMUS.
Buka kamus, kemudian cari arti kata di kamus: Apakah termasuk ke dalam pengertian ISIM, FI’IL, atau HURUF.

>>> CARA 2: Kenali CIRI-CIRI ISIM.
Ada 3 CIRI ISIM yang paling menonjol:
1.      Berawalan ALIF-LAM. Contoh: AL-MASJIDU (اَلْمَسْجِدُ): Masjid.
2.      Berakhiran TANWIN. Contoh: MASJIDUN (مَسْجِدٌ): Masjid.
3.      Berakhiran TA MARBUTHOH. MADROSATUN (مَدْرَسَةٌ): Sekolah.

>>> CARA 3: Pelajari ILMU SHOROF.
Dalam ilmu Shorof kita akan mengenal berbagai macam bentuk fi’il. Oleh karena itu, dengan menguasai ilmu Shorof, kita akan bisa mengenal FI’IL dengan mudah.

>>> CARA 4: Hafalkan SEMUA HURUF.
ISIM & FI’IL jumlahnya tidak terhingga. Adapun huruf jumlahnya tidak sampai 80 buah. Oleh karena itu, dengan menghafal semua huruf, akan sangat membantu kita untuk bisa mengenali & membedakan KATA. Tinggal kita gabungkan dengan ke-4 cara di atas.

Bagi yang ingin mengetahui macam-macam huruf dalam bahasa Arab, silakan baca buku saya yang berjudul “MENYELAMI SAMUDERA HURUF: Mengenal Variasi Makna & Fungsi Huruf dalam Bahasa Arab”. Bukunya bisa didapat di http://kitabfahimna.blogspot.com/p/samudera-huruf.html

GABUNGLAH ke-4 cara di atas untuk bisa mengenali dan membedakan ISIM, FI’IL, & HURUF.

Semoga bermanfaat.

Fahimtum?


<<<>>> LATIHAN<<<>>>

Ada berapa ISIM, FI’IL, & HURUF pada KALIMAT berikut? Sebutkan!

>>> KALIMAT 1

ذَهَبَ مٌحَمَّدٌ إِلَى الْمَدْرَسَةِ صَبَاحًا بِالدَّرَّاجَةِ
DZAHABA MUHAMMADUN ILAL MADROSATI SHOBAAHAN BID DARROOJATI
(Muhammad pergi ke sekolah pagi hari dengan sepeda)

>>> KALIMAT 2

قَرَأَ زَيْدٌ اَلْقُرْآنَ عَلَى الْكُرْسِيِّ فِي الْغُرْفَةِ

QORO-A ZAIDUN AL-QUR-AANA ‘ALAL KURSIYYI FIL GHURFATI
(Zaid membaca al-Qur’an di atas kursi di dalam kamar)


<<<>>> TUGAS ANTUM<<<>>>
1.      Klik “LIKE” selesai Antum membaca postingan ini.
2.      SHARE sebanyak-banyaknya postingan ini (minimal ke akun Antum masing).
3.      CATAT materi di atas di dalam buku catatan masing-masing.
4.      BACA materi di atas secara berulang-ulang hingga FAHAM.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar