Kamis, 26 Januari 2023

BEKAL TADABUR AL-QUR'AN (PENGANTAR)

 



PENGANTAR PENULIS


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله وأصحابه أجمعين

أما بعد


Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas bantuan-Nya, hingga akhirnya saya bisa menyelesaikan buku ini. Buku ini saya tulis sebagai bekal untuk mentadaburi ayat-ayat al-Qur’an.


Sebenarnya, saya sudah menyusun lima buku yang bisa dijadikan bekal untuk mentadaburi ayat-ayat al-Qur’an. Lima buku itu adalah sebagai berikut:


  1. 44 Catatan Bahasa Arab

  2. 37 Catatan Bahasa Arab

  3. 26 Catatan Bahasa Arab

  4. Berkenalan dengan Ilmu Balaghah 1

  5. Berkenalan dengan Ilmu Balaghah 2


Namun, ke-5 buku ini tidak khusus membahas tentang tadabur al-Qur’an. Materinya bercampur dengan penjelasan kaidah bahasa Arab secara umum. Oleh karena itu, saya tertarik untuk menulis satu buku khusus yang memberikan contoh cara mentadaburi al-Qur’an menggunakan kaidah bahasa Arab (Nahwu, Shorof dan Balaghah).


Harapan saya,

dengan ditulisnya buku ini, akan semakin jelas manfaat kaidah bahasa Arab untuk bekal memahami ayat-ayat al-Qur’an. Kemudian juga harapan saya, dengan hadirnya buku ini, akan semakin menambah semangat kaum Muslimin untuk terus belajar bahasa Arab sebagai bekal untuk mentadaburi ayat-ayat al-Qur’an.


Buku ini hanya pembuka jalan. Bagi pembaca yang ingin mendapatkan penjelasan lebih lengkap terkait tadabur al-Qur’an, silakan membaca kitab-kitab seputar tema tadabur al-Qur’an yang ditulis oleh pada ulama dan ahli ilmu.


Semoga buku ini bermanfaat untuk kita semua.


Amiin ya Rabbal ‘aalamiin…



وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين



Bogor, Rajab 1444H/Januari 2023M

Muhammad Mujianto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar