Senin, 07 Maret 2022

AKU & BAHASA ARAB (BAB 9): BELAJAR MANDIRI

 


BAB 9

BELAJAR MANDIRI



Sudah saya sampaikan di awal bahwa untuk meraih sukses, ada dua hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pelajar. Pertama, kemauan kuat untuk bisa. Kemudian, yang kedua, tahu metode yang tepat dalam belajar.

Kalau kedua hal ini ada pada diri seorang pelajar, insya Allah, mudah baginya untuk meraih apa yang dia targetkan dalam belajar. Namun, yang paling memberi pengaruh adalah yang pertama: kemauan kuat. Sebab, kalau orang sudah punya kemauan kuat, dia akan melakukan apa saja demi meraih apa yang dia inginkan. Metode yang tepat pun akan berusaha dia cari tahu.

Nah, waktu itu saya ingin sekali bisa bahasa Arab. Saya ingin bisa baca kitab gundul seperti ustadz di pengajian. Namun, saya belum tahu bagaimana cara belajar bahasa Arab yang efektif bagi seorang mahasiswa yang kuliah di kampus umum seperti saya.

Pernah suatu ketika, saya ajukan pertanyaan ke salah seorang guru bahasa Arab saya.

"Gimana sih caranya supaya bisa bahasa Arab?"

Seingat saya, beliau cuma menjawab: "Kalau mau bisa bahasa Arab, ya mondok.... Saya juga masih belom bisa bahasa Arab...".


*****

Setelah di kosan tidak ada lagi kegiatan belajar bahasa Arab bersama, saya pun coba belajar sendiri. Waktu itu, saya sudah punya kamus bahasa Arab dan beberapa buku kaidah bahasa Arab. Ada yang berbahasa Arab dan ada yang berbahasa Indonesia.

Saya coba baca-baca sendiri buku yang saya punya. Kalau ada yang saya belum paham, saya coba tanyakan kepada kawan saya yang alumni Gontor.

Pernah suatu ketika, ada tulisan arab gundul di dalam buku ilmu Nahwu yang saya sedang pelajari. Kemudian, saya minta bantuan kawan saya untuk memberi harokat yang benar. Setelah itu, saya coba mengkajinya.

Namun, setelah sekian lama belajar sendiri, saya tetap belum mengerti bahasa Arab. Mengharokati kata masih sangat kesulitan. Belum ada titik terang.


Hingga akhirnya, saya bertemu dengan sebuah “BUKU SAKTI”!


Bersambung...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar