Minggu, 21 Agustus 2016

AKU & KITAB FAHIMNA



Terlahir dari keluarga Muslim tidak serta merta langsung tau bahasa Arab. Tiga puluh tahun berlalu saya telah melalaikanya, dan sekarang saya sadar bahwa belajar bahasa Arab itu sangatlah penting untuk bisa memahami pedoman hidup saya dalam beragama, yaitu Al-Qur'an dan As-Sunnah. Namun sebelum belajar bahasa Arab tentu harus belajar dulu kaidah-kaidahnya yaitu ilmu Nahwu-Shorof. 

Akhirnya saya terfikir harus kemana dan dimana saya belajar kaidah tersebut, dikarenakan waktu untuk belajar terbentur dengan kesibukan mencari nafkah. Hingga akhirnya saya menemukan solusi, yaitu mencari yang mengajarkan dengan sistem online. Setelah saya coba beberapa metode online, saya mengalami kesulitan karena keterbatasan dalam pemahaman. Hingga akhirnya saya gugur di tengah jalan karena yang saya dapati belajar Nahwu-Shorof itu sulit, rumit, njelimet. 
 
Setelah mengalami kesulitan,
tidak serta merta membuat saya jadi patah semangat. Saya cari-cari lagi metode lain dan alhamdulillah tepatnya setahun yang lalu saya menemukan lagi metode online yang lain, yaitu metode FAHIMNA. Saya coba ikut lagi dengan perlahan-lahan. Saya coba meluangkan waktu minimal 1 jam perhari dari kesibukan. Perlahan saya menemukan pencerahan. Saya mengalami banyak peningkatan dalam hal pemahaman tentang ilmu Nahwu-Shorof.

Saya sangat berterimakasih kepada ustadz pembimbing yang telah membuat metode ini. Metode ini menyajikan secara perlahan tapi terstruktur dan sistematis dibantu dengan penyampain yang sederhana tapi mengena, hingga menghasilkan perpaduan yang luar biasa.

Setahun telah berlalu saya bersama FAHIMNA. Banyak sekali pesan dan kesan yang saya dapatkan. Tapi ada pula kekurangan saya dalam menjalani pembelajaran ini, yaitu kurangnya muroja'ah. Hingga sering lupa pelajaran yang lama karena tertimpa pelajaran yang baru. Mudah-mudahan kesalahan ini tidak terulang lagi dan tidak diikuti oleh pelajar yang lain. 

Dan yang terakhir saya nasihatkan, mari kita sama-sama pelajari ilmu ini, karena ilmu ini sangat penting. Ilmu ini langkah awal untuk memahami pedoman agama kita.

Percayalah bahwa ilmu Nahwu-Shorof ini mudah apabila kita tekun dalam mempelajarinya. Kalau tidak percaya, silahkan coba dan terus coba lagi...

Mudah-mudahan kita selalu dimudahkan dalam hal kebaikan.

(Abu Syafiq, 33 Tahun, Pedagang, Tasikmalaya)

Sumber: Ebook "Aku & Fahimna" (Masih proses editing. Insya Allah nanti akan dipublikasikan dan bebas download)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar