Sabtu, 25 Februari 2023

MENJEMPUT REZEKI

 


🌹MENJEMPUT REZEKI🌹


Beberapa waktu lalu, saya melihat video seorang pebisnis online yang menangis. Dia sedih karena sudah sekitar tiga jaman live jualan, namun tidak ada satupun produknya yang laku.


Maka, pada kesempatan ini, saya ingin menasihati diri saya sendiri dan kita semua....


Rezeki itu di tangan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bukan di tangan konsumen kita atau atasan kita.


Jika Allah Subhanahu wa Ta'ala berkehendak kita tidak dapat rezeki, maka kita tidak akan dapat. Meskipun kita sudah berusaha sekuat tenaga mencarinya. Sebaliknya, kalau Allah Subhanahu wa Ta'ala berkehendak kita dapat rezeki, maka kita pasti akan dapat. Meskipun kita hanya berdiam diri seharian di dalam rumah.


Sekian tahun lalu, saya pernah punya bisnis. Persiapannya cukup matang. Buku2 strategi bisnis saya baca dan pelajari. Waktu itu, saya sangat yakin kalau bisnis saya akan sukses.


Namun, apa yang terjadi?

Bisnis saya bangkrut! Jauh di luar dugaan. Padahal waktu itu saya sangat yakin kalau bisnis saya akan berhasil. Tapi, ternyata Allah Subhanahu wa Ta'ala berkehendak lain.


Pada lain kesempatan, saya dan istri pernah jalan2 ke sebuah toko sembako. Istri saya melihat abon merek X. Karena menurutnya murah, dibelilah beberapa.


Sampai di rumah, abon itu difoto kemudian diposting di FB. Tidak lama, ada temannya yang pesan 50 pcs. Padahal awalnya cuma iseng. 


Demikianlah rezeki. Allah Subhanahu wa Ta'ala yang menentukan. Tugas kita adalah menjemputnya dengan cara2 yang halal. Urusan hasil, kita serahkan PADA YANG DI ATAS.


Sebagai seorang Muslim yang taat, kita harus beriman kepada takdir. Kita harus yakini bahwa semua yang menimpa kita adalah sudah menjadi ketetapan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.


Jika kita mendapatkan kemanisan takdir, hendaknya kita terima dengan rasa syukur. Semoga dengan begitu, nikmat ada terus bertambah kita dapat (Lihat QS. Ibrahim ayat 7).


Sebaliknya, kalau kepahitan takdir yang kita dapat, hendaknya kita hadapi dengan Sabar. Insya Allah, keberkahan akan kita dapat.


Terakhir, saya ingin mengingatkan kita semua dengan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala di surat At-Thalaq ayat 2-4 yang artinya:


🌹Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.


Semoga kita senantiasa diberi keberkahan dalam hidup ini.


آمين يا رب العالمين



✍️ Muhammad Mujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar