Sabtu, 25 Februari 2017

BAHASA ARAB GUAAMPAANG (PENGANTAR PENULIS)



 PENGANTAR PENULIS
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين و الصلاة و السلام على نبينا محمد و على آله و أصحابه أجمعين
أما بعد:



Ikhwan & Akhwat semua yang dirahmati Allah…

Apa tujuan terpenting dalam belajar bahasa Arab? Apa target terbesar yang bisa kita raih dengan menguasai bahasa Arab?


Secara umum biasanya orang akan berkata: dengan menguasai bahasa Arab kita akan bisa memahami al-Qur’an, hadits, dan perkataan para ulama di kitab-kitab mereka. Ya, inilah tujuan terbesar dan teragung dari kita belajar bahasa Arab.

Namun, pertanyaannya sekarang adalah: Berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mencapai target ini?
Kalau di pondok pesantren saja terkadang butuh waktu 2-3 tahunan untuk bisa mencapai target ini. Itupun belajarnya hampir setiap hari dan dibimbing langsung oleh seorang guru. Lalu, bagaimana dengan kita yang belajarnya di luar pondok pesantren? Bagaimana dengan kita yang terkadang belajarnya hanya beberapa jam dalam sepekan? 

Bisa jadi akan lebih lama lagi waktu yang kita butuhkan untuk mencapai target terbesar ini. Bahkan mungkin bisa bertahun-tahun!

Naah…

Hal inilah yang terkadang membuat lemah semangat para pelajar pemula.  Awalnya mungkin banyak yang semangat. Namun, ketika mereka dapati ternyata perjalanan begitu panjang, sementara mereka belum mendapatkan sesuatu yang indah dalam genggaman, akhirnya banyak yang berhenti di tengah jalan. 

Sungguh sangat disayangkan! Padahal terkadang ada yang sudah belajar berbulan-bulan. Namun kemudian berhenti tanpa membawa sesuatu yang berarti untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melihat fenomena ini, saya pun tergerak untuk menyusun buku ini. Target saya, buku ini bisa dipelajari dalam waktu yang tidak terlalu lama. Insya Allah, sekitar 1-2 bulanan bisa selesai, bahkan bisa kurang dari itu. Tergantung waktu yang diluangkan untuk mempelajarinya. 

Namun, dalam waktu yang tidak lama ini, ada sesuatu yang berharga yang nanti akan bisa kita raih. Insya Allah, dengan memahami kaidah Nahwu-Shorof dasar dalam buku ini, kita bisa gunakan untuk memahami bacaan shalat yang kita ucapkan setiap hari.

Buku ini saya beri judul “Bahasa Arab Guaampaang”. Saya gunakan kata “Guaampaang” untuk menunjukkan bahwa sebenarnya bahasa Arab dasar itu memang sangat mudah dan gampang untuk dipelajari. Tergantung bagaimana kita mempelajarinya.

Buku ini tersusun dari 4 BUKU:

1.      Pondasi Ilmu Nahwu.
2.      Pondasi Ilmu Shorof.
3.      Pemantapan Ilmu Nahwu.
4.      Memahami Bacaan Shalat.

Buku ini sebenarnya ringkasan dari SERIAL KITAB FAHIMNA yang sudah lebih dahulu terbit. Saya ringkas kemudian saya beri beberapa tambahan. Latihannya kebanyakan saya buat dalam bentuk cerita pendek agar lebih mudah difahami.

Kemudian, khusus pada buku ke-4 saya berikan contoh  penerapan kaidah NAHWU-SHOROF yang sudah dipelajari pada 3 buku sebelumnya, dengan cara MEMBACA, MENERJEMAHKAN, MENTASHRIF FI’IL & MENG-I’ROB KATA yang terdapat dalam bacaan shalat.

Harapan saya, setelah mempelajari buku ini, shalat yang biasa kita lakukan sehari-hari bisa jauh lebih berkesan dibanding shalat-shalat sebelumnya yang kita lakukan sebelum memahami kaidah dasar bahasa Arab.

Namun, perlu diketahui bersama bahwa bacaan shalat itu bervariasi. Ada beberapa bentuk bacaan. Namun, selama haditsnya shahih, maka kita bisa mengamalkannya. Dalam buku ini saya hanya berikan bacaan yang ringkas agar pembahasannya tidak berkepanjangan.

Lafazh bacaan shalat dan terjemahnya kebanyakan saya ambil dari buku Kumpulan Do’a dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang Shahih karya Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafizhahullah (dengan sedikit perubahan terjemah). Bacaan shalat tambahan saya ambil dari kitab Fathul ‘Alim fi Syarh Ad’iyyah wa Adzkar Ash-Shalah minat Takbir ilat Taslim karya Asy-Syaikh Husain bin ‘Audah Al-Awayisyah hafizhahullah.

Adapun dalam penjelasan perkatanya, saya banyak merujuk ke kitab Fathul ‘Alim dan juga kitab Ithaful Muslim bi Syarh Hisnul Muslim karya Asy-Syaikh Usamah bin ‘Abdul Fattah Al-Mishri dan Asy-Syaikh DR. Sa’id bin ‘Ali bin Wahf al-Qahthani hafizhahumullah. Dan saya juga terbantukan dengan beberapa referensi lainnya.

Buku ini rencananya akan digunakan dalam Pelatihan Bahasa Arab Online via WA. Jadi penjelasan rinci isi buku ini akan diberikan lewat audio yang akan diberikan lewat grup pelatihan. Akan ada banyak faidah tambahan yang nanti akan diberikan.
Semoga yang saya tulis ini bernilai ikhlas di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bermanfaat untuk kaum Muslimin. Dan saya sangat berterima kasih jika ada yang berkenan untuk memberikan masukan dan perbaikan atas setiap karya yang saya hasilkan.

و صلى الله و سلم و بارك على نبينا محمد و على آله و أصحابه أجمعين


Bogor, Jumadal Ula 1438 H
Februari 2017 M

Muhammad Mujianto Al-Batawie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar