Rabu, 16 Agustus 2023

TIPS MENURUNKAN GULA DARAH

 


SEKADAR BERBAGI PENGALAMAN


Semalam, waktu ngajar bahasa Arab, saya makan ubi rebus 2 buah. Plus kopi hitam tanpa gula. Sampe rumah jam 9 lewat, minum susu anlene. Lalu tidur.


Paginya, bada Subuh, olah raga lari, senam, push up, angkat beban, dll.


Lalu,

makan tanpa nasi dan gorengan (lihat postingan sebelumnya).


Alhamdulillah, gula darah dua jam setelah makan masih normal (118 mg/Dl). Kalau kemarin, gula darah puasa 9 jam ada di angka 116mg/Dl. 


20an hari yang lalu, waktu awal pertama cek ke dokter, gula darah saya tembus di angka 386 mg/Dl.


Alhamdulillah, sekarang berangsur normal. Saya minum obat cuma 5 hari setelah dari dokter. Setelah itu, stop obat dokter sama sekali. Hanya minum herbal2an.


PELAJARAN:

Menurut saya, diantara cara yang paling efektif menurunkan kadar gula darah adalah: 


1. Atur pola makan. Diantaranya tidak makan nasi sama sekali (ganti yang lain). Coba makan rebus2an saja. Misalnya: telur, tahu, tempe, sayur2n dan makan buah2an yang bagus untuk penderita diabetes.


2. Hindari gula dan makanan olahan yang manis2 (roti, kue2, dll.)


3. Olah raga yang bisa mengucurkan keringat (lari pagi, push up, angkat beban, dll.). Lakukan rutin setiap hari kalau bisa.


4. Istirahat yang cukup.


Dan yang terpenting, semakin mendekatkan diri pada Allah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah sehari2. Agar hidup lebih tenang. Tidak stres dan gelisah. Perbanyak doa dan istighfar. 


Kita taubat kepada Allah. Bisa jadi, penyakit yang kita derita adalah akibat dosa2 yang telah kita perbuat selama ini dan kita belum bertaubat darinya. Mungkin juga kita lupa bersyukur atas nikmat yang kita dapat selama ini. 


Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan dari segala marabahaya.


Insya Allah, cerita lengkap perjuangan saya menurunkan gula darah akan saya buatkan tulisan khusus beserta gambar2 penjelas.


SEMOGA BERMANFAAT!


@MuhammadMujianto

Penulis Buku2 Panduan Belajar Bahasa Arab & Ilmu Waris

1 komentar:

  1. Jazakallah tips nya Ustadz. Semoga Ustaz selalu diberi kesehatan...

    BalasHapus