Jumat, 10 Mei 2024

ADAB DI TEMPAT KERJA

 


🌹ADAB DI TEMPAT KERJA


Ilmu itu penting. Namun  adab juga penting. Keduanya harus kita miliki untuk bekal menjalani kehidupan.


Terkadang, ada orang yang ilmunya sedikit. Cuma lulusan SD. Tapi, dia sangat sopan saat berinteraksi dengan orang lain.


Sebaliknya,

ada orang berilmu tinggi. Tapi, adabnya kurang bagus kepada orang lain. Termasuk kepada yang lebih tua. Songong.


🌹🌹🌹


Dalam dunia kerja, adab ini juga sangat diperlukan. Adab sangat penting diterapkan untuk membuat kenyamanan di tempat kerja.


Oleh karena itu, alangkah bagusnya jika di sebuah perusahaan (atau lembaga) dibuat kegiatan rutin berupa penyampaian nasihat yang berkaitan dengan adab2 Islami. Bacakan saja kitab2 adab yang telah ditulis oleh para ulama dan ahli ilmu.


Selain disampaikan adab kepada Allah dan Rasul-Nya, sampaikan juga:


🌻 Adab kepada yang lebih tua

🌻 Adab kepada yang lebih muda

🌻 Adab kepada pimpinan

🌻 Adab kepada karyawan

🌻 Adab di tempat kerja dan saat bekerja

🌻 Dll.


Kalau di tempat kerja ada pekerja laki2 dan wanita, maka sampaikan  juga:


🌻 Adab berinteraksi antar lawan  jenis

🌻 Adab berpakaian

🌻 Dll.


Intinya, adab itu penting dalam kehidupan. Untuk melahirkan keselamatan dan kedamaian.


Sayangnya, banyak orang yang mengabaikannya...



Bogor, 3 Dzul Qa'dah 1445H/11 Mei 2024


✍️Muhammad Mujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar