PEMESANAN VIA WA
0896-0350-2749 / 0895-3528-86439
(KLIK NO WA DI ATAS)
------------------
DAFTAR ISI
PENGANTAR
PENULIS
DAFTAR
ISI
Asal Muasal Lafzhul Jalalah
(9)
Faidah Bahasa dalam Lafazh
Basmalah 1 (11)
Faidah Bahasa dalam Lafazh
Basmalah 2 (13)
Beda Alif dengan Hamzah (16)
Mengenal Hamzah Lebih Dekat 1
(17)
Mengenal Hamzah Lebih Dekat 2
(18)
Kaidah Penulisan Alif di Akhir Fi’il (20)
Kaidah Penulisan Alif di Akhir Isim (21)
Kaidah Penulisan Alif di Akhir Nama Non Arab (23)
Kaidah Penulisan Alif pada
Huruf dan Isim Mabni (24)
Kaidah Penulisan Hamzah di
Awal Kata (25)
Kaidah Penulisan Hamzah di
Akhir Kata (26)
Kaidah Penulisan Hamzah di
Tengah Kata 1 (27)
Kaidah Penulisan Hamzah di
Tengah Kata 2 (29)
Kaidah Penulisan Hamzah di
Tengah Kata 3 (31)
Dibaca Tapi Tidak Ditulis
(32)
Ditulis Tapi Tidak Dibaca
(33)
Jangan Salah Tulis! (35)
Cara Menulis Huruf (37)
Penulisan Mushaf
(39)
Jika Bertemu Dua Sukun (41)
Cara Baca Judul (44)
Ada Apa dengan Huruf Jar?
(46)
Pengaruh Huruf Jar pada Makna
Fi’il (48)
Fungsi Alif Lam 1 (50)
Fungsi Alif Lam 2 (52)
Nama yang Diberi Alif Lam
(54)
Kapan Menggunakan Isim
Nakiroh & Makrifat? (56)
Lebih Dalam Bersama Isim
Nakiroh (58)
Isim Nakiroh Bersifat Mutlak
(59)
Isim Nakiroh Bersifat Umum
(62)
Kapan Menggunakan Isim
Berawalan Alif Lam (64)
Kenapa Khobar Diberi Alif Lam
(67)
Membuat Kalimat Penegasan 1
(69)
Membuat Kalimat Penegasan 2
(71)
Membuat Kalimat Penegasan 3
(73)
Membuat Kalimat Pembatasan
(75)
Huruf Tambahan (78)
Lebih Dekat Dengan Lam Taukid
(80)
Otak-Atik Kata (83)
Beda “Min” & “’An”
(87)
Beda “’Alaa” &
“Fauqo” (89)
Beda “Lam”, “’Inda”,
& “Ladaa” (91)
Beda “Khalfa” &
“Waraa-a” (94)
PENUTUP
DAFTAR
PUSTAKA
------------------
PENGANTAR PENULIS
بسم
الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله رب العالمين والصلاة والسلام على
أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله وأصحابه
أجمعين
أما
بعد
Ilmu
bahasa Arab ada banyak cabangnya. Diantaranya yang populer dan biasa
dipelajari di pondok-pondok pesantren ada empat: ilmu Nahwu, ilmu
Shorof, ilmu Balaghah, dan Imla.
>>>
ILMU NAHWU
ILMU
NAHWU mempelajari cara menyusun kalimat serta menentukan harokat
akhir kata saat sudah dimasukan ke dalam kalimat.
رَأَى
سَعِيْدٌ زَيْدًا
|
رَأَى
زَيْدٌ سَعِيْدًا
|
Said
melihat Zaid
|
Zaid
melihat Sa’id
|
>>>
ILMU SHOROF
ILMU
SHOROF mempelajari cara mengubah kata menjadi berbagai macam bentuk
atau pola yang memiliki makna bermacam-macam.
مَكْتُوْبٌ
|
كَاتِبٌ
|
اُكْتُبْ
|
يَكْتُبُ
|
كَتَبَ
|
Yang
ditulis
|
Penulis
|
Tulislah!
|
Sedang
menulis
|
Telah
menulis
|
>>>
ILMU BALAGHAH
ILMU
BALAGHAH mempelajari tentang cara menyampaikan ucapan agar sesuai
dengan situasi dan kondisi lawan bicara. Harapannya, ucapan bisa
diterima dan dipahami dengan baik.
Misalnya,
kalau berhadapan dengan orang yang cerdas, maka cukup digunakan
kalimat ringkas. Sebab, orang cerdas biasanya mudah paham. Beda
halnya jika berhadapan dengan orang yang sulit untuk memahami
sesuatu. Terkadang, butuh kalimat panjang lebar untuk memahamkannya.
Begitupun
saat berhadapan dengan orang yang mudah menerima informasi,
ragu-ragu, dan penentang. Tentu beda redaksi kalimat yang digunakan.
Misalnya, untuk orang yang biasanya menentang, terkadang perlu diberi
banyak penekanan dalam kalimat yang disampaikan.
Misalnya,
ada orang yang kakinya cacat ikut lomba lari. Namanya, Si Fulan.
Lawannya adalah orang-orang yang berkaki normal semua. Namun Si Fulan
bisa menang.
Awalnya,
kita bisa menginformasikan berita kemenangan ini dengan kalimat:
Fulan juara
|
فَازَ
فُلَانٌ
|
Tapi,
kalau orang yang kita sampaikan informasi ragu-ragu bahkan menolak
berita yang kita sampaikan dengan berkata: “Ah, mustahil…. Tidak
mungkin… Bohong ente…!!!”. Maka, kalimat informasinya bisa kita
ubah menjadi:
وَاللهِ،
لَقَدْ فَازَ فُلَانٌ
|
Demi Allah, sungguh Si Fulan benar-benar telah menjadi juara
|
>>>
IMLA
IMLA
mempelajari tentang cara penulisan kata dalam bahasa Arab. Misalnya,
bagaimana cara menuliskan hamzah di awal, di tengah, dan di akhir
kata.
جُزْءٌ
|
سُئِلَ
|
سُؤَالٌ
|
أَكَلَ
|
Alhamdulillah,
kadang ada saja saya dapati pembahasan menarik terkait keempat ilmu
di atas saat sedang belajar di kelas bersama guru, saat diskusi
dengan teman, saat membaca kitab, membaca artikel di internet,
menonton video, dll. Agar tidak hilang begitu saja dan bisa
dimanfaatkan juga oleh orang lain, saya pun tertarik untuk
mengumpulkannya dalam sebuah buku.
Karena
faidah yang saya dapat cukup banyak, maka rencananya akan saya
kumpulkan dalam beberapa buku. Kemungkinan setiap buku akan diberi
judul berbeda sesuai jumlah catatan yang ada di dalamnya.
Semoga
buku ini bermanfaat untuk kaum Muslimin pada umumnya, khususnya
mereka yang saat ini sedang belajar bahasa Arab. Amiin ya Rabbal
‘aalamiin...
وصلى
الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه
أجمعين
Bogor,
Shafar 1444H/September 2022M
Muhammad
Mujianto