Minggu, 11 Februari 2024

CATATAN PERJALANAN UMROH (3)

 


✍️ CATATAN UMROH 15-23 JANUARI 2024 (3)


@MuhammadMujianto


πŸ“’ BERAPA BIAYA TOTAL UMROH❓


Sebelum bercerita tentang pengalaman di bandara, saya ingin menyampaikan sedikit tentang biaya total umroh. Semoga bermanfaat, terutama untuk kawan2 yang belum pernah umroh.


Begini..


Biaya umroh tidak cuma biaya untuk booking seat di biro travel. Ada biaya lainnya juga. 


Berikut ini diantaranya yang kemarin saya keluarkan:


πŸ’¦ Biaya untuk bikin paspor.


πŸ’¦ Biaya untuk beli oleh2, jajan, dll. Kemarin saya tukarkan uang sekitar Rp.5.000.000 ke mata uang reyal. Buat bekal selama di perjalanan. Ini untuk bekal berdua, saya dan istri. 


Ternyata, uang segitu nggak cukup. Saya dan istri masih harus mengeluarkan uang sekian juta lagi untuk beli tambahan oleh2 😁


πŸ’¦ Biaya untuk sewa mobil ke bandara pulang pergi, sekitar Rp.1.000.000.


πŸ’¦ Biaya beli barang2 persiapan, semisal: jaket, baju, kaos kaki, sarung tangan, colokan kaki tiga, dll. Kalau ditotal sepertinya mendekati Rp.1.000.000


πŸ’¦ Biaya beli paket data umroh.


Mmm.... Terus apa lagi ya...❓


Sebentar... Saya inget2 dulu πŸ€”


Itu dulu kayaknya... 


Ntar kalo inget saya tambahin 😁


***


Intinya, bagi kebanyakan masyarakat kita, biaya umroh itu bisa dibilang lumayan banyak. 


Oleh karena itu, bagi kita yang merasa hidupnya pas2an, perlu strategi khusus untuk bisa umroh. Misalnya dengan menabung sedikit demi sedikit.


Kemudian, sambil menabung, kita bisa lakukan juga hal2 berikut:


πŸ’¦ Perbanyak doa agar diberi kemudahan untuk segera umroh dan haji. Bisa jadi, kita diberi rezeki dari arah yang tidak disangka2.

πŸ’¦ Persiapan ilmu. Perbanyak baca buku dan simak video kajian seputar haji dan umroh.

πŸ’¦ Persiapan fisik. Rajin olah raga.

πŸ’¦ Dll.


Semoga kita semua diberi kemudahan untuk bisa berkunjung ke tanah suci sesering mungkin.


Amiin ya Rabbal 'alamin 🌹



✍️ Bogor, Ahad 2 Sya'ban 1445H/11 Februari 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar