PENDAHULUAN
BAB 2
PENGETAHUAN
UMUM
Agar kegiatan belajar kita menjadi
mudah, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan pahami terlebih dahulu.
1. Huruf Hijaiyyah (اَلْحُرُوْفُ
الْهِجَائِيَّةُ) ada 29, yaitu:
ﺍ ﺏ ﺕ ﺙ ﺝ ﺡ ﺥ ﺩ ﺫ ﺭ ﺯ ﺱ ﺵ ﺹ ﺽ ﻁ ﻅ ﻉ
ﻍ ﻑ ﻕ ﻙ ﻝ ﻡ ﻥ ﻭ ﻫ ﺀ ﻱ
|
2. Huruf ALIF (ﺍ ) berbeda dengan HAMZAH (ﺀ)
Diantara perbedaannya adalah:
A. Alif hanya bisa
diberi harokat apabila terletak di awal kata. Contoh:
اِقْرَأْ
|
ﺍَﻟْﻤَﺴْﺠِﺪُ
|
ﺍُﻛْﺘُﺐْ
|
Bacalah
|
Masjid
|
Tulislah
|
Namun, jika terletak
di tengah atau di akhir kata, alif
tidak bisa diberi harokat. Ingat ini baik-baik!!!
B. Hamzah bisa diberi harokat dimanapun posisinya dalam
kata.
قَرَأَ
|
سَأَلَ
|
أَكَلَ
|
Membaca
|
Bertanya
|
Makan
|
C. Hamzah bisa ditulis
di atas huruf alif, wawu, dan ya. Namun, bisa juga ditulis sendirian.
نَبَأَ
|
شَاطِئٌ
|
اِمْرُؤٌ
|
جُزْءٌ
|
Memberitakan
|
Tepian
|
Orang
|
Bagian
|
3. Huruf alif yang terletak di akhir kata ada
yang tegak (ﺍ),
dan ada yang bengkok (ﻯ).
ﺍَﻟْﻔَﺘَﻰ
|
ﺍَﻟْﻬُﺪَﻯ
|
ﺍَﻟْﻌَﺼَﺎ
|
اَلدُّنْيَا
|
Pemuda
|
Petunjuk
|
Tongkat
|
Dunia
|
4. Sebuah kata yang
diawali alif-lam (ﺍﻝ)
tidak boleh ditanwin. Sebab, ALIF-LAM dan TANWIN TIDAK BOLEH bergabung dalam
satu kata. Jika dalam satu kata sudah terdapat alif-lam, maka kata itu
tidak boleh ditanwin. Begitupun sebaliknya.
SALAH
|
BENAR
|
BENAR
|
ﺍَﻟْﻤَﺴْﺠِﺪٌ
|
ﻣَﺴْﺠِﺪٌ
|
ﺍَﻟْﻤَﺴْﺠِﺪُ
|
ﺍَﻟْﻜِﺘَﺎﺏٌ
|
ﻛِﺘَﺎﺏٌ
|
ﺍَﻟْﻜِﺘَﺎﺏُ
|
Lalu, apa bedanya
kata yang beralif-lam dengan yang tidak? Akan datang penjelasannya nanti insya Alloh.
5. Apabila alif-lam (ﺍﻝ)
dirangkaikan dengan HURUF-HURUF QOMARIYYAH, maka cara membacanya seperti
membaca kata “Al-Qomar (ﺍَﻟْﻘَﻤَﺮُ)”, yaitu dengan MENSUKUNKAN
huruf lam-nya.
Huruf qomariyyah ada14, yaitu:
ﺃ
ﺏ ﺝ ﺡ
ﺥ ﻉ ﻍ
ﻑ ﻕ ﻙ
ﻡ ﻫ ﻭ ﻱ
|
Contoh:
Kelas
|
اَلْفَصْلُ
|
Yang pertama
|
اَلْأَوَّلُ
|
Bulan
|
اَلْقَمَرُ
|
Rumah
|
اَلْبَيْتُ
|
Kursi
|
اَلْكُرْسِيُّ
|
Yang cantik
|
اَلْجَمِيْلَةُ
|
Majalah
|
اَلْمَجَلَّةُ
|
Cerita
|
اَلْحِكَايَةُ
|
Petunjuk
|
اَلْهِدَايَةُ
|
Kebaikan
|
اَلْخَيْرُ
|
Wasiat
|
اَلْوَصِيَّةُ
|
Ilmu
|
اَلْعِلْمُ
|
Keyakinan
|
اَلْيَقِيْنُ
|
Yang ghaib
|
اَلْغَيْبُ
|
Alif-lam (ﺍﻝ)
yang bertemu dengan ke-14 huruf di atas disebut ALIF-LAM
AL-QOMARIYYAH (اَلْقَمَرِيَّةُ).
CARA MENGHAFALNYA ialah dengan
menghafal UNGKAPAN berikut:
أَبْغِ حَجَّكَ وَ خَفْ عَقِيْمَهْ
|
6. Namun, apabila sebuah kata diawali oleh SELAIN ke-14 huruf di atas
(ditambah alif), yaitu:
ﺕ ﺙ ﺩ ﺫ ﺭ ﺯ ﺱ ﺵ ﺹ ﺽ ﻁ ﻅ ﻝ ﻥ
|
Ketika diberi alif-lam (ﺍﻝ)
di awalnya, maka huruf lam (ﻝ)
tidak dibaca, kemudian ke-14
huruf ini diberi tasydid ( ّ ).
Matahari
|
اَلشَّمْسُ
|
Taubat
|
اَلتَّوْبَةُ
|
Shalat
|
اَلصَّلَاةُ
|
Tiga
|
الثَّلَاثَةُ
|
Kesesatan
|
اَلضَّلَالَةُ
|
Toko
|
الدُّكَّانُ
|
Dokter
|
اَلطَّبِيْبُ
|
Dzikir
|
اَلذِّكْرُ
|
Zalim
|
اَلظَّالِمُ
|
Kepala
|
اَلرَّأْسُ
|
Malam
|
اَللَّيْلُ
|
Berkunjung
|
اَلزِّيَارَةُ
|
Nikmat
|
اَلنِّعْمَةُ
|
Langit
|
اَلسَّمَاءُ
|
Ke-14 huruf di atas disebut huruf-huruf
syamsiyyah. Kemudian, alif-lam yang bertemu dengan ke-14 huruf ini disebut ALIF-LAM
ASY-SYAMSIYYAH (اَلشَّمْسِيَّةُ ). Sebab alif-lam (ﺍﻝ
) dibacanya sama seperti membaca asy-syams (اَلشَّمْسُ),
yaitu dengan tidak membaca huruf lam-nya. Jadi huruf lam dianggap tidak ada.
7. Apabila ada kata yang berawalan alif-lam (ﺍﻝ
) dibaca sendirian (tidak dibaca bersambung dengan kata sebelumnya), maka cara
membacanya adalah dengan memfathahkan huruf alif (Perhatikan contoh di atas).
Namun, jika dibaca bersambung dengan kata
sebelumnya, maka huruf alif tidak dibaca (dianggap tidak ada). Adapun huruf lam
(ﻝ
) mengikuti ketentuan nomor 5 dan 6 di atas.
ﻭَﺍﻟْﻘَﻤَﺮُ
|
ﺍَﻟْﻘَﻤَﺮُ
|
وَالشَّمْسُ
|
اَلشَّمْسُ
|
8. Apabila ada kata yang berakhiran sukun bertemu
dengan kata yang berawalan alif-lam, jika ingin dibaca sendiri-sendiri (tidak
bersambung), caranya sbb:
ﺍُﻛْﺘُﺐْ ﺍَﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ
|
جَاءَتْ اَلطَّالِبَةُ
|
Tulislah buku itu
|
Telah datang siswi itu
|
Namun, jika ingin dibaca bersambung, maka kata
yang berakhiran sukun UMUMNYA diubah menjadi KASROH, seperti:
ﺍُﻛْﺘُﺐِ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ
|
جَاءَتِ الطَّالِبَةُ
|
9. UMUMNYA, dalam satu kata,
harokat sebelum wawu (ﻭ) adalah dhommah (ﹹ),
sebelum alif (ﺍ)
adalah fathah (ﹷ),
dan sebelum ya (ﻱ)
adalah kasroh (ﹻ).
Contoh:
يَرْمِي
|
يَخْشَى
|
يَدْعُو
|
Melempar
|
Takut
|
Memanggil
|
مُسْلِمِيْنَ
|
مُسْلِمَانِ
|
مُسْلِمُوْنَ
|
Orang-orang Islam
|
Dua orang Islam
|
Orang-orang Islam
|
Oleh karena itu, jika kita melihat huruf “ﻭ
ﻱ ﺍ” pada sebuah kata, maka kita bisa menerapkan ketentuan ini untuk
sementara, jika kita belum tahu harokat pastinya.
10.
Huruf “ﻝِ”
(arti: untuk) jika bergabung dengan kata yang beralif-lam, maka huruf alif yang
ada di awal kata itu dibuang. Contoh:
لِلّه
|
ﻝِ +
الله
|
ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ
|
ﻝِ + ﺍَﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ
|
11.
Huruf ta (ﺕ)
ada dua bentuk: (1) TA MAFTUHAH (اَلتَّاءُ الْمَفْتُوْحَةُ)
dan (2) TA MARBUTHOH
(اَلتَّاءُ الْمَرْبُوْطَةُ).
Ta maftuhah (ﺕ)
artinya adalah ta yang terbuka, sedangkan ta marbuthoh (ﺓ)
artinya adalah ta yang terikat/tertutup. Contoh:
ﻣِﻤْﺴَﺤَﺔٌ
|
سَبُّوْرَةٌ
|
ﺻَﻮْﺕٌ
|
ﻣَﻮْﺕٌ
|
Penghapus
|
Papan
tulis
|
Suara
|
Kematian
|
12.
UMUMNYA, sebuah kata yang berharokat
akhir fathatain (ﹱ), ditambahkan huruf
alif (ﺍ)
di akhirnya. Contoh:
ﺯَﻳْﺪًﺍ
|
ﺯَﻳْﺪٌ
|
ﻗَﻠَﻤًﺎ
|
ﻗَﻠَﻢٌ
|
ﻛِﺘَﺎﺑًﺎ
|
ﻛِﺘَﺎﺏٌ
|
Zaid
|
Zaid
|
Pena
|
Pena
|
Buku
|
Buku
|
KECUALI untuk kata
yang berakhiran ta marbuthoh (ﺓ)
dan berakhiran hamzah (ء), tidak diberi alif di akhir katanya. Contoh:
نِسَاءً
|
نِسَاءٌ
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔً
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔٌ
|
Para wanita
|
Para wanita
|
Sekolah
|
Sekolah
|
سَمَاءً
|
سَمَاءٌ
|
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔً
|
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔٌ
|
Langit
|
Langit
|
Perpustakaan
|
Perpustakaan
|
13. Sebuah kata yang
berakhiran ta marbuthoh (ﺓ),
apabila bersambung dengan kata lain secara langsung (menempel), maka huruf ta
marbuthoh berubah menjadi ta maftuhah. Sebab ta marbuthoh posisinya hanya ada
di akhir kata. Contoh:
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺘُﻚَ
|
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔٌ + ﻙَ
|
Perpustakaanmu
|
Kamu + Perpustakaan
|
مَدْرَسَتُهُ
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔٌ + هُ
|
Sekolahnya
|
Dia + Sekolah
|
Namun, jika tidak
bersambung secara langsung (menempel), maka tidak berubah. Contoh:
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔُ ﺍﻟْﻤَﺪِﻳْﻨَﺔِ
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔُ ﺍﻟْﻘَﺮْﻳَﺔِ
|
Perpustakaan
kota
|
Sekolah
desa
|
14. Dalam bahasa Arab,
ada beberapa kata yang bentuk tulisannya sama, namun memiliki arti dan fungsi
yang berbeda. Contoh:
ﻣَﻦْ
|
Siapa/barangsiapa/yang
|
ﻣَﺎ
|
Apa/apapun/yang
|
ﻻَ
|
Jangan/tidak
|
ﻭَ
|
Dan/demi/bersama
|
Lalu, bagaimana cara membedakannya? Akan datang
penjelasannya nanti insya Alloh.
LATIHAN:
1.
BACALAH kata-kata berikut ini dengan harokat yang benar!
ﺍﻟﻮَﻟَﺪُ
|
Anak
|
الأَرْضُ
|
Bumi
|
ﺍﻟﺘِﻠْﻤِﻴْﺬُ
|
Murid
|
ﺍﻟﻨَﺎﻓِﺬَﺓُ
|
Jendela
|
ﺍﻟﺰُﺟَﺎﺟَﺔُ
|
Kaca
|
ﺍﻟﻈَﺎﻟِﻢُ
|
Orang
yang zhalim
|
ﺍﻟﻐُﺮْﻓَﺔُ
|
Kamar
|
ﺍﻟﺠَﻤَﻞُ
|
Onta
|
ﺍﻟﻠِﺴَﺎﻥُ
|
Lidah
|
ﺍﻟﻤَﺪِﻳْﻨَﺔُ
|
Kota
|
2.
Ubahlah harokat akhir kata-kata berikut ini menjadi fathatain!
عَلِيٌّ
|
Si
Ali
|
ﻣَﺴْﺠِﺪٌ
|
Masjid
|
ﻗَﺎﺭُﻭْﺭَﺓٌ
|
Botol
|
خَطَأٌ
|
Salah
|
ﻣَﻜْﺘَﺒَﺔٌ
|
Perpustakaan
|
دَاءٌ
|
Penyakit
|
ﻣَﺪْﺭَﺳَﺔٌ
|
Sekolah
|
جَزَاءٌ
|
Balasan
|
ﺳَﺮِﻳْﺮٌ
|
Tempat
tidur
|
ﻋَﺎﻟَﻢٌ
|
Alam
|
ﺑَﻴْﺖٌ
|
Rumah
|
دَوَاءٌ
|
Obat
|
سَوَاءٌ
|
Sama
|
جَوَّالٌ
|
HP
|
مُحَمَّدٌ
|
Si
Muhammad
|
3.
Masukkan alif-lam “ﺍﻝ”
ke dalam kata-kata berikut!
ﻣِﻨْﺪِﻳْﻞٌ
|
Sapu
tangan
|
مُدَرِّسَةٌ
|
Guru
wanita
|
ﻣِﻔْﺘَﺎﺡٌ
|
Kunci
|
ﺷَﻮْﻛَﺔٌ
|
Garpu
|
ﻛُﺮْﺳِﻲٌّ
|
Kursi
|
ﻣِﻠْﻌَﻘَﺔٌ
|
Sendok
|
ﻧَﺠْﻢٌ
|
Bintang
|
ﺩَلْوٌ
|
Timba
|
ﻗَﻤِﻴْﺺٌ
|
Kemeja
|
دَرَّاجَةٌ
|
Sepeda
|
4. HAFALKAN
semua KOSA KATA di ATAS! BACALAH BERULANG-ULANG ! (Minimal 10X)
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
BalasHapusMau tanya, apa fungsi dari pengubahan "fathatain di akhir kata? (Bukankah artinya tidak berubah? ). Syukran.
Wa'alaikumussalam wa Rahmatullahi wa Barakatuh.
HapusIni nanti berkaitan dengan kedudukan kata. Walaupun makna sama, tapi kedudukan berbeda.
Pembahasannya ada di dalam kaidah nahwu. Silakan lanjutkan belajarnya.