اَلْمُفْرَدَاتُ الْيَوْمِيَّةُ
KOSA KATA SEHARI-HARI
PANDUAN BELAJAR
1. BACALAH semua KOSA KATA yang ada dengan suara keras. Ucapkan secara
berulang-ulang (minimal 3 kali sehari) hingga lancar.
2. HAFALKAN semua KOSA KATA dengan baik.
3. BERLATIHLAH membuat KALIMAT SEMPURNA dengan menggunakan KOSA KATA
yang ada. (Pelajari cara membuat kalimat dalam ILMU NAHWU).
4. PERBANYAKLAH perbendaharaan KOSA KATA dengan banyak membaca A-QUR’AN,
AL-HADITS, & kitab-kitab ringkas yang ditulis oleh para ulama. Dan,
sering-seringlah membuka kamus.
5. Miliki buku-buku yang berisi kumpulan kosa
kata (Banyak tersedia di toko buku).
6. KERJAKAN SEMUA SOAL dalam BAGIAN MUFRODAT INI setelah selesai mempelajari
semua materi NAHWU, SHOROF, & MUHADATSAH.
INGAT !!!
SEMAKIN BANYAK KOSA KATA KITA MILIKI,
SEMAKIN MUDAH KITA MEMAHAMI BAHASA ARAB
KATA
KATA dalam BAHASA ARAB terbagi 3:
|
||
HURUF
|
FI’IL
|
ISIM
|
KATA DEPAN/KATA SAMBUNG
|
KATA KERJA
|
KATA yang menunjukkan MANUSIA, HEWAN, TUMBUHAN, BENDA MATI, SIFAT,
WAKTU, & TEMPAT.
|
FI’IL
FI’IL dalam ILMU NAHWU terbagi menjadi 3:
|
||
FI’IL AMER
|
FI’IL MUDHORE
|
FI’IL MADHI
|
KATA KERJA PERINTAH
|
KATA KERJA untuk WAKTU SEKARANG/AKAN DATANG
|
KATA KERJA untuk WAKTU LAMPAU
|
BERIKUT INI CONTOH-CONTOHNYA:
BACALAH KOSA KATA BERIKUT INI DENGAN SUARA KERAS
(MINIMAL 3 X)
HURUF
|
KATA KERJA
|
NO
|
||
PERINTAH
|
SEKARANG
|
DAHULU
|
||
مِنْ
|
كُلْ
|
يَأْكُلُ
|
أَكَلَ
|
1
|
إِلَى
|
اِشْرَبْ
|
يَشْرَبُ
|
شَرِبَ
|
2
|
عَلَى
|
اِجْلِسْ
|
يَجْلِسُ
|
جَلَسَ
|
3
|
فِي
|
اِغْسِلْ
|
يَغْسِلُ
|
غَسَلَ
|
4
|
بِ
|
اِضْرِبْ
|
يَضْرِبُ
|
ضَرَبَ
|
5
|
لِ
|
اُنْصُرْ
|
يَنْصُرُ
|
نَصَرَ
|
6
|
وَ
|
خُذْ
|
يَأْخُذُ
|
أَخَذَ
|
7
|
أَوْ
|
اِحْمِلْ
|
يَحْمِلُ
|
حَمَلَ
|
8
|
لاَ
|
ضَعْ
|
يَضَعُ
|
وَضَعَ
|
9
|
لَمْ
|
اِذْهَبْ
|
يَذْهَبُ
|
ذَهَبَ
|
10
|
ARTI
|
||||
Dari
|
Makanlah !
|
Sedang makan
|
Telah makan
|
1
|
Ke
|
Minumlah !
|
Sedang minum
|
Telah minum
|
2
|
Di atas
|
Duduklah !
|
Sedang duduk
|
Telah duduk
|
3
|
Di dalam
|
Cucilah !
|
Sedang mencuci
|
Telah mencuci
|
4
|
Dengan
|
Pukullah !
|
Sedang memukul
|
Telah memukul
|
5
|
Untuk/milik
|
Tolonglah !
|
Sedang menolong
|
Telah menolong
|
6
|
Dan
|
Ambillah !
|
Sedang mengambil
|
Telah mengambil
|
7
|
Atau
|
Bawalah !
|
Sedang membawa
|
Telah membawa
|
8
|
Tidak
|
Letakkanlah !
|
Sedang meletakkan
|
Telah meletakkan
|
9
|
Belum
|
Pergilah !
|
Sedang pergi
|
Telah pergi
|
10
|
LATIHAN: [KERJAKAN setelah MENYELESAIKAN
ilmu NAHWU & SHOROF]
1. Ada berapa FI’IL LAZIM & FI’IL
MUTA’ADDI di atas? Sebutkan!
2. Ada berapa FI’IL SHOHIH & FI’IL MU’TAL
di atas? Sebutkan!
3. Ada berapa HURUF JAR di atas? Sebutkan!
4. Buatlah JUMLAH ISMIYYAH dari semua fi’il di
atas!
5. Buatlah JUMLAH MUFIDAH dengan menggunakan
semua HURUF di atas!
BACALAH KOSA
KATA BERIKUT INI DENGAN SUARA KERAS (MINIMAL 3 X)
BENDA MATI
|
TUMBUHAN
|
HEWAN
|
MANUSIA
|
NO
|
حَجَرٌ
|
شَجَرَةٌ
|
كَلْبٌ
|
رَجُلٌ
|
1
|
سَيْفٌ
|
عُشْبٌ
|
قِرْدٌ
|
مَرْأَةٌ
|
2
|
ثَوْبٌ
|
وَرَقٌ
|
فِيْلٌ
|
وَلَدٌ
|
3
|
سِرْوَالٌ
|
زَهْرَةٌ
|
جَمَلٌ
|
بِنْتٌ
|
4
|
جِدَارٌ
|
تُفَّاحٌ
|
بَقَرَةٌ
|
أُمٌّ
|
5
|
سَاعَةٌ
|
عِنَبٌ
|
نَمْلَةٌ
|
أَبٌ
|
6
|
عِطْرٌ
|
فَاكِهَةٌ
|
قِطٌّ
|
مُحَمَّدٌ
|
7
|
مِنْشَفَةٌ
|
بُرْتُقَالٌ
|
أَرْنَبٌ
|
طَالِبٌ
|
8
|
مُشْطٌ
|
مَوْزٌ
|
دَجَاجَةٌ
|
طَالِبَةٌ
|
9
|
بَابٌ
|
بَاذِنْجَانٌ
|
دِيْكٌ
|
أُسْتَاذٌ
|
10
|
ARTI
|
||||
Batu
|
Pohon
|
Anjing
|
Laki-laki
|
1
|
Pedang
|
Rumput
|
Monyet
|
Wanita
|
2
|
Baju
|
Daun
|
Gajah
|
Anak laki-laki
|
3
|
Celana
|
Bunga
|
Onta
|
Anak wanita
|
4
|
Tembok
|
Apel
|
Sapi betina
|
Ibu
|
5
|
Jam
|
Anggur
|
Semut
|
Bapak
|
6
|
Minyak wangi
|
Buah
|
Kucing
|
Muhammad
|
7
|
Handuk
|
Jeruk
|
Kelinci
|
Siswa
|
8
|
Sisir
|
Pisang
|
Ayam betina
|
Siswi
|
9
|
Pintu
|
Terong
|
Ayam jantan
|
Ustadz
|
10
|
LATIHAN:
1. Buatlah 10 JUMLAH FI’LIYYAH dengan
menggunakan KOSA KATA di atas!
2. Buatlah 10 JUMLAH ISMIYYAH dengan
menggunakan KOSA KATA di atas!
3. Buatlah 10 SUSUNAN SHIFAT-MAUSHUF dengan
menggunakan KOSA KATA di atas!
4. Buatlah 10 SUSUNAN MUDHOF-MUDHOF ILAIH
dengan menggunakan KOSA KATA di atas!
GUNAKAN JUGA
KOSA KATA BERIKUT:
BACALAH KOSA
KATA BERIKUT INI DENGAN SUARA KERAS (MINIMAL 3 X)
WAKTU
|
TEMPAT
|
SIFAT
|
NO
|
صَبَاحٌ
|
مَسْجِدٌ
|
جَمِيْلٌ
|
1
|
نَهَارٌ
|
مَدْرَسَةٌ
|
قَبِيْحٌ
|
2
|
مَسَاءٌ
|
بَيْتٌ
|
كَبِيْرٌ
|
3
|
لَيْلٌ
|
غُرْفَةٌ
|
صَغِيْرٌ
|
4
|
يَوْمٌ
|
حَمَّامٌ
|
كَثِيْرٌ
|
5
|
أُسبُوْعٌ
|
بُسْتَانٌ
|
قَلِيْلٌ
|
6
|
شَهْرٌ
|
مَكْتَبٌ
|
قَرِيْبٌ
|
7
|
سَنَةٌ
|
شُرْفَةٌ
|
بَعِيْدٌ
|
8
|
اَلْآنَ
|
مَطْبَخٌ
|
لَذِيْذٌ
|
9
|
غَدًا
|
فَصْلٌ
|
نَظِيْفٌ
|
10
|
ARTI
|
|||
Pagi
|
Masjid
|
Indah
|
1
|
Siang
|
Sekolah
|
Jelek
|
2
|
Sore
|
Rumah
|
Besar
|
3
|
Malam
|
Kamar
|
Kecil
|
4
|
Hari
|
Kamar mandi
|
Banyak
|
5
|
Seminggu
|
Kebun
|
Sedikit
|
6
|
Sebulan
|
Meja
|
Dekat
|
7
|
Tahun
|
Beranda
|
Jauh
|
8
|
Sekarang
|
Dapur
|
Lezat
|
9
|
Besok
|
Kelas
|
Bersih
|
10
|
LATIHAN:
Sebutkan ISIM MUDZAKKAR, ISIM MUANNATS,
ISIM NAKIROH, dan ISIM MAKRIFAT dari semua ISIM yang ada di BAGIAN MUFRODAT INI!
ahsanta,ilmu yg bermanfaat insyaallah
BalasHapusسروال itu maushuf atau washfu ya? Saya tidak paham
BalasHapus