Laman

Minggu, 15 November 2015

CATATAN ILMU NAHWU (BAG 4)



CATAT di buku tulis KHUSUS!

>>> MUBTADA MUAKHOR & KHOBAR MUQODDAM

Berdasarkan kaidah umum, MUBTADA terletak sebelum KHOBAR. Jadi MUBTADA terletak di depan, dan KHOBAR terletak setelahnya.

Namun pada keadaan tertentu, posisi MUBTADA sering diletakkan setelah KHOBAR (Dikebelakangkan/Diakhirkan). Sedangkan KHOBAR diletakkan sebelum MUBTADA (Dikedepankan).

-          MUBTADA yang posisinya dikebelakangkan disebut dengan istilah MUBTADA MUAKHOR.
-          KHOBAR yang posisinya dikedepankan disebut dengan istilah KHOBAR MUQODDAM.

>>> KHOBAR SYIBHUL JUMLAH + MUBTADA NAKIROH

MUBTADA sering posisinya dikebelakangkan ketika KHOBAR berupa SYIBHUL JUMLAH. Dan sering dijumpai juga dalam keadaan ini, MUBTADA berupa ISIM NAKIROH.

Perhatikan cerita pendek berikut:

وَرَاءَ الْبَيْتِ بُسْتَانٌ وَ فِي الْبُسْتَانِ شَجَرَةٌ

“Di belakang rumah ada sebuah kebun, dan di dalam kebun ada sebuah pohon”


Perhatikan baik-baik!!!

Cerita pendek di atas tersusun dari DUA JUMLAH ISMIYYAH yang dihubungkan oleh huruf ‘athof. Pada kedua jumlah ismiyyah di atas:

-          KHOBARNYA berupa SYIBHUL JUMLAH.
-          KHOBARNYA berupa KHOBAR MUQODDAM.
-          MUBTADANYA berupa MUBTADA MUAKHOR.
-          MUBTADANYA berupa ISIM NAKIROH.


Susunan kalimat seperti ini sering dijumpai dalam al-Qur’an (Diantaranya bisa dilihat di QS. Al-Baqarah ayat 10). Oleh karena itu fahamilah baik-baik!


Demikian saja. Semoga bermanfaat. Informasi tambahan akan diberikan di level-level berikutnya.


* Catatan ini diberikan kepada para peserta PELATIHAN BAHASA ARAB METODE FAHIMNA LEVEL 2 SHOROF.

CATATAN ILMU NAHWU (BAG 3)



CATAT di buku tulis KHUSUS!

>>> MENGENAL SYIBHUL JUMLAH

عَلَى الْكُرْسِيِّ
فِي الْغُرْفَةِ
وَرَاءَ الْبَيْتِ
أَمَامَ التِّلْفَازِ
مُحَمَّدٌ فِي الْغُرْفَةِ. هُوَ يَجْلِسُ عَلَى الْكُرْسِيِّ أَمَامَ التِّلْفَازِ. وَلَدُهُ يَلْعَبُ وَرَاءَ الْبَيْتِ


SYIBHUL JUMLAH (شِبْهُ الْجُمْلَةِ) adalah susunan kata yang terdiri dari:

-          Huruf Jar + Isim (Masbuq bi Harfil Jar)

Contoh:


فِي الْغُرْفَةِ



Di dalam kamar

عَلَى الْكُرْسِيِّ

Di atas Kursi


-          Zhorof + Isim (Mudhof ilaih)

أَمَامَ التِّلْفَازِ

Di depan TV

وَرَاءَ الْبَيْتِ

Di belakang rumah


>>> CATATAN PENTING
1.      Syibhul jumlah belum membentuk kalimat sempurna.
2.      Untuk menjadikannya sempurna, syibhul jumlah harus dimasukkan ke dalam kalimat sempurna, baik jumlah ismiyyah atau fi’liyyah.

مُحَمَّدٌ فِي الْغُرْفَةِ. هُوَ يَجْلِسُ عَلَى الْكُرْسِيِّ أَمَامَ التِّلْفَازِ. وَلَدُهُ يَلْعَبُ وَرَاءَ الْبَيْتِ

“Muhammad di dalam kamar. Dia sedang duduk di atas kursi di depan TV. Anaknya sedang bermain di belakang rumah”


3.      Syibhul jumlah sering dijumpai berkedudukan sebagai khobar. Contohnya banyak dijumpai dalam al-Qur’an.


Demikian saja. Semoga bermanfaat. Informasi tambahan akan diberikan di level-level berikutnya.

* Catatan ini diberikan kepada para peserta PELATIHAN BAHASA ARAB METODE FAHIMNA LEVEL 2 SHOROF.

CATATAN ILMU NAHWU (BAG 2)



CATAT di buku tulis masing-masing!

>>> ZHOROF MAKAN
ZHOROF ZAMAN artinya adalah KETERANGAN TEMPAT.

فَوْقَ
وَرَاءَ
خَلْفَ
أَمَامَ
بَعْدَ
قَبْلَ
مَعَ
تَحْتَ
يَقْرَأُ مُحَمَّدٌ اَلْقُرْآنَ أَمَامَ الْبَيْتِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ


Berikut ini beberapa contoh ZHOROF MAKAN yang penting untuk dihafal:

AMAAMA (أَمَامَ): Di depan.
KHOLFA (خَلْفَ): Di belakang.
WAROO-A (وَرَاءَ): Di belakang.
FAUQO (فَوْقَ): Di atas.
TAHTA (تَحْتَ): Di bawah.
MA’A (مَعَ): Bersama.


>>> ZHOROF ZAMAN
ZHOROF ZAMAN artinya adalah KETERANGAN WAKTU.
Penjelasan ringkas tentang ZHOROF ZAMAN sudah disampaikan di TINGKAT PEMULA (LEVEL 1).

Berikut ini tambahan ZHOROF ZAMAN yang penting untuk dihafal:

QOBLA (قَبْلَ): Sebelum.
BA’DA (بَعْدَ): Sesudah.


>>> CONTOH DALAM KALIMAT

يَقْرَأُ مُحَمَّدٌ اَلْقُرْآنَ أَمَامَ الْبَيْتِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ

“Muhammad membaca al-Qur’an di depan rumah setelah maghrib”


>>> CATATAN TAMBAHAN
1.      ZHOROF ZAMAN & ZHOROF MAKAN termasuk kelompok ISIM.
2.      ZHOROF ZAMAN & ZHOROF MAKAN berharokat akhir FATHAH.
3.      ZHOROF di atas sering dijumpai dalam kalimat berposisi sebagai MUDHOF. Sehingga kata di depannya berposisi sebagai MUDHOF ILAIH. Lihat contoh kalimat di atas.


HAFALKAN arti dari zhorof makan dan zhorof zaman di atas. Insya Allah akan sangat bermanfaat.

Informasi tambahan akan diberikan di level-level berikutnya.


* Catatan ini diberikan kepada para peserta PELATIHAN BAHASA ARAB METODE FAHIMNA LEVEL 2 SHOROF